Panglima Komando Operasi TNI AU Buka Latihan Kesiap Siagaan Bencana di Padang

"Untuk mendukung latihan ini, kami menurunkan satu unit hellykopter dan dua unit pesawat yaitu pesawat CN-295, dan Hercules C-310"
(KLIKPOSITIF/ Halber)

PADANG, KLIKPOSITIF -- TNI Angkatan Udara melakukan pembukaan Latihan Kesiapsiagaan Operasional Komando Operasi TNI-AU tentang penanggulangan bencana pada Kamis 20 Juni 2019.

Latihan yang diikuti oleh beberapa instansi tersebut langsung dibuka oleh Panglima komando Operasi TNI Angkatan Udara I Marsekal Muda TNI Fadjar Prasetyo.

Dalam pembukaan tersebut, ia melakukan pengecekan anggota serta kesiapan perlengkapan untuk latihan nantinya.

"Untuk mendukung latihan ini, kami menurunkan satu unit hellykopter dan dua unit pesawat yaitu pesawat CN-295, dan Hercules C-310," ujarnya.

Menurutnya, kegiatan tersebut diikuti oleh 210 peserta yang berasal dari TNI Angkatan Udara, Angkatan Laut, Angkatan Darat, Polri, BPBD, SAR, siswa SMK Penerbangan, pramuka, dan lainnya.

"Ada 200 lebih peserta yang akan mengikuti latihan nantinya untuk proses evakuasi," lanjutnya.

Latihan tersebut akan melaksanakan sejumlah kegiatan simulasi diantaranya pelaksanaan SAR dan evakuasi, penerjunan heli box, dan lainnya pada besok, Jumat 21 Juni 2019.

Proses latihan tersebut akan dilaksanakan di empat lokasi di Kota Padang, diantaranya Pantai Padang dan SMA 1 Padang.[Halbert Caniago]