15 Wirausaha Pemula Mendapat Bantuan Modal di Sawahlunto

"agar penggunaannya tepat sasaran Dinas Koperindagkop Kota Sawahlunto akan melakukan pengawasan yang ditujukan untuk menambah aset maupun fasilitas penunjang usaha"
Seorang Warga Sedang Menenun Songket Silungkang di Sawahlunto (Muhammad Haikal/Klikpositif)

SAWAHLUNTO, KLIKPOSITIF -- Sebanyak 15 orang pelaku usaha mendapat bantuan modal dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop-UKM). Bantuan tersebut, merupakan Program Wirausaha Pemula (PWP) tahap dua.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Perindagkop) Kota Sawahlunto Marwan mengatakan, kepastian 15 pelaku usaha tersebut mendapat bantuan berdasarkan surat keputusan Deputi Bidang Pembiayaan Kemenkop-UKM bernomor 60 tahun 2019.

Sebelumnya, lanjut Marwan, pada tahap pertama di bulan Mei lalu sebanyak 25 orang dan telah diserahkan. Sementara, untuk tahap dua, penyerahan PWP akan dilakukan pada bulan Juli mendatang bertepatan dengan momen peringatan hari Koperasi Nasional.

"Kita bersyukur di seleksi tahap dua bertambah lagi pelaku usaha yang lolos. Jumlah penerima PWP tahap satu dan dua ada 40 orang, sebenarnya kita mengajukan 75 penerima," katanya di Sawahlunto, Sabtu 22 Juni 2019.

Marwan menambahkan, 14 orang penerima PWP mendapatkan bantuan modal usaha sebesar Rp12 juta dan 1 orang lainnya mendapatkan sebesar Rp10 juta.

Sementara itu untuk jenis usaha penerima PWP cukup beragam seperti usaha tenun Songket Silungkang  pembuatan makanan ringan dan usaha kecil lainnya.

Bantuan modal dalam program PWP tersebut merupakan bantuan lepas, tidak dikembalikan karena bukan pinjaman. "Namun, agar penggunaannya tepat sasaran Dinas Koperindagkop Kota Sawahlunto akan melakukan pengawasan yang ditujukan untuk menambah aset maupun fasilitas penunjang usaha," kata Marwan lagi.(*)