Ini Rahasia Penantian 72 Tahun Kafilah Tanah Datar Raih Juara Umum MTQ Sumbar

"Kita juga mintakan doa seluruh masyarakat Tanah Datar. Doa inilah yang diijabah atau dikabulkan oleh Allah SWT"
Ketua Kafilah MTQ Tanah Datar Afrizon bersama kontingen lainnya diterima Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi di Gazebo Indo Jolito Batusangkar. (Ist)

TANAH DATAR, KLIKPOSITIF -- Tidak mudah merebut tropi juara umum MTQ tingkat Sumatera Barat yang didominasi Kafilah Kota Padang, namun sejarah baru terukir pada MTQ ke 38 tingkat Sumbar, dimana Kafilah Kabupaten Tanah Datar mampu meraih juara umum.

"Hampir 72 tahun, kita merindukan kehadiran Piala Juara Umum MTQ tingkat Sumbar di Kabupaten Tanah Datar, hari ini sudah terwujud," kata Ketua Kafilah MTQ Tanah Datar, Afrizon saat acara Penyambutan dan Penyerahan bonus kafilah di Gazebo Indo Jolito Batusangkar, Sabtu 22 Juni 2019.

Afrizon menyebutkan ada beberapa hal yang menyebabkan kafilah Tanah Datar meraih prestasi ini yakni seluruh kontingen baik peserta maupun ofisial selalu berdoa kepada Allah SWT selesai melaksanakan Shalat Subuh, Maghrib dan Isya secara berjamaah.

"Kita juga mintakan doa seluruh masyarakat Tanah Datar. Doa inilah yang diijabah atau dikabulkan oleh Allah SWT," ucap Afrizon sambil menitikan air mata.

Selain itu, juga dukungan penuh baik moril maupun materil dari pemerintah daerah dan masyarakat Tanah Datar dimana tanpa memberikan target kemenangan sehingga para kafilah tanpa beban mengikuti lomba.

"Kita sudah bertekad mengirimkan kafilah MTQ yang berasal dari Tanah Datar, sehingga ini menjadi kekuatan yang saling mendukung antar kafilah," ucap Afrizon.

Ia menyampaikan hari ini langsung diserahkan bonus dari Pemda Tanah Datar untuk seluruh kafilah dengan rincian Juara I Rp27 juta, Juara II Rp12 juta, Juara III Rp8 juta, Harapan I Rp4 juta, Harapan II Rp3 juta, dan Harapan Rp2 juta, serta yang belum dapat juara menerima bonus Rp1 juta.

Sementara itu, Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi menyampaikan kegembiraannya atas prestasi yang diraih kafilah MTQ Tanah Datar yang dapat menjungkarbalikan opini atas dominasi juara umum yang selalu diraih Kota Padang.

"Prestasi ini ternyata juga menjadi motivasi bagi kafilah kabupaten dan kota lainnya di Sumbar untuk meraih juara umum," kata ... Baca halaman selanjutnya