Abrasi Mengancam Daerah Pesisir Pantai di Sumbar dan Sulitnya Relokasi

"Daerah pinggir pantai di Sumbar rata - rata menjadi ancaman abrasi"
Kondisi rumah warga akibat abrasi (Istimewa )

PADANG, KLIKPOSITIF - Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Sumatera Barat (BPBD Sumbar), ada beberapa daerah di Sumbar yang berpotensi menjadi korban abrasi pantai. Daerah tersebut adalah Kabupaten Pesisir Selatan, Pariaman, Mentawai, Agam, Pasaman Barat, Kota Pariaman dan Padang.

"Daerah pinggir pantai di Sumbar rata - rata menjadi ancaman abrasi, seperti Pantai Padang, Ulakan Tampakis, sebagian wilayah di Pessel, Agam, Pariaman dan Pasaman Barat. Apalagi saat gelombang besar," kata Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Sumbar Erman Rahman, saat dihubungi KLIKPOSITIF, Senin, 24 Juni 2019.

Untuk itu masyarakat disekitar daerah tersebut untuk waspada pada musim-musin tertentu.

Rahman menjelaskan, terkait bantuan untuk korban atau yang terdampak abrasi, pihaknya tidak bisa berbuat banyak kecuali sudah ditetapkan sebagai tanggap darurat.

"Kewenangan lebih banyak di daerah masing-masing dan pusat (Balai Sungai). Namun kalau ada peristiwa (abrasi) dinyatakan tanggap darurat bisa kita bantu melalui dana tanggap," jelasnya.

Kemudian soal relokasi masyarakat yang tinggal di sekitar pantai, Rahman mengaku agak sulit. Sebab kebanyakan masyarakat keberatan, pasalnya mereka sudah lama tinggal di pinggir pantai dan menggantungkan hidup mereka disitu (pantai).

Akan tetapi pemerintah tinggal diam, baru - baru ini telah dibahas kajian bersama pakar dari ITB terkait radius aman bagi daerah pesisir pantai. Kajian terhadap akan dijadikan dasar dalam penetapan ruang kedepannya.

"Selain itu daerah juga harus waspada dengan dana bencana semacam ini," ujarnya.

Sebelumnya, Tugu Merpati Perdamaian yang terletak di Muaro Lasak, Kota Padang mengalami kerusaka akibat terjangan ombak yang cukup besar. Kemudian rumah warga di daerah Pasie Baru, Nagari Pilubang, Kecamatan Sungai Limau, Padang Pariaman - Sumbar terancam kena abrasi.

Diantara banyak rumah itu, 16 rumah diantaranya juga terancam ... Baca halaman selanjutnya