STQH Nasional XXV 2019, Target Lima Besar Sumbar Tidak Capai

Penutupan Seleksi Tilawatil Quran dan Hadist (STQH) Nasional ke XXV tahun 2019 secara resmi ditutup oleh Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin, Jumat (5/7/2019) malam
Penutupan Seleksi Tilawatil Quran dan Hadist (STQH) Nasional ke XXV tahun 2019 secara resmi ditutup oleh Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin, Jumat (5/7/2019) malam (Istimewa )

PADANG, KLIKPOSITIF - Seleksi Tilawatil Quran dan Hadist (STQH) Nasional ke XXV tahun 2019 secara resmi ditutup oleh Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin, Jumat (5/7/2019) malam, dengan lokasi penutupan di alun-alun Kapuas, Pontianak, Kalimantan Barat.

Sumatera Barat yang mengirimkan Pemprov Sumbar mengirimkan 43 orang anggota kafilah yang terdiri dari 16 peserta, selebihnya pelatih, dan pendamping. Utusan Sumbar gagal mencapai target yang dipatok Gubernur masuk lima besar dan meningkatkan dari tahun sebelumnya (peringkat enam).

Kontingen Sumbar yang dipimpin langsung oleh Sekda Sumbar Alwis saat penutupan, berhasil meraih peringkat 7 diantara 34 provinsi yang berpartisipasi. Sedangkan juara umum di raih oleh DKI Jakarta yang juga meraih prestasi yang sama pada STQN XXIV tahun 2017 di Tarakan, Kalimantan Utara.

Baca Juga

Sumbar berhasil meraih peringkat terbaik I pada cabang tilawah dewasa putri atas nama Anissaul Malikhah, dengan nilai 97,33. Kemudian meraih terbaik III pada cabang tahfidz 1 jus tilawah putra, atas nama Fadhlan Mubarak, dengan nilai 95,50.

Selain itu Yahdi Yani meraih harapan III pada cabang tahfidz 20 jus dan Muhammad Umair pada cabang tafsir bahasa arab juga meraih harapan III.

Untuk STQ kali ini, Sumbar mengirimkan 16 peserta dan mengikuti tiga cabang dan delapan golongan perlombaan.

"Hasil malam ini adalah usaha dan hasil terbaik yang sudah diberikan oleh kontingen Sumbar. Tahun depan ada tantangan lebih besar untuk kita hadapi, yakni MTQ Nasional di Sumbar" sebut Kepala Biro Bina Mental Setda Prov. Sumbar Syaifullah.

Berdasarkan surat keputusan dewan hakim STQN ke XXV tahun 2019 di Pontianak, Kalbar, nomor : 06/kepdh/ STQ/ 225/ 7/ 2019 tentang penetepan juara umum dan peringkat sepuluh besar STQN ke XXV, tanggal 5 Juli 2019, maka ditetapkan sebagai berikut :

1. DKI Jakarta (Juara Umum),
2. Banten,
3. Sumatera Utara,
4. Sulawesi Tenggara,
5. Kalimantan Barat, Jawa Tengah dan Kalimantan Selatan,
6. Aceh dan Jawa Barat,
7. Sumatera Barat dan Riau,
8. Papua Barat dan Sumatera Selatan,
9. Jambi
10. Nusa Tenggara Barat, Lampung dan Kalimantan Tengah.

Untuk diketahui, sebelumnya saat pelepasan (26/6) Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menargetkan, Sumbar masuk lima besar dalam ajang tersebut. Irwan optimis mengirim para qori an qoriah terpilih dan terbaik dari Minangkabau. (*)

Video

Kakek yang Viral Beli Obat dengan Uang Mainan Akan Segera Umrah

YouTube channel KlikPositif.com

Penulis: Joni Abdul Kasir