Hingga Pertengahan Tahun, Investor Saham Sumbar Mencapai 2,1 Triliun

"rekap nilai transaksi investor yang membuka rekening efek di anggota bursa yang berkantor di Padang mencapai Rp 2,1 triliun selama periode Januari hingga Juni 2019"
Kepala BEI Padang, Early Saputra saat memberikan pemaparan dihadapan calon investor beberapa waktu lalu (Istimewa )

PADANG, KLIKPOSITIF - Kepala Bursa Efek Indonesia (BEI) Padang, Early Saputra mengatakan, jumlah investor saham di Sumbar selama tahun 2019 mulai ada peningkatan. Apalagi, bursa saham mulai dilirik masyarakat untuk berinvestasi jangka panjang.

Dikatakannya, rekap nilai transaksi investor yang membuka rekening efek di anggota bursa yang berkantor di Padang mencapai Rp 2,1 triliun selama periode Januari hingga Juni 2019.

"Untuk investor saham KTP Sumbar saja tahun 2019 berjalan ini berjumlah sekitar 2.087 investor. Untuk nilai aset saham yang dimiliki investor ber KTP Sumbar mencapai Rp 855 miliar. Sedangkan nilai aset non saham mencapai Rp 1 triliun," tuturnya, Kamis, 11 Juli 2019.

Dilanjutkanya, peningkatan jumlah investor ini juga didukung dengan kegiatan dan kampanye berupa edukasi langsung kepada masyarakat.  

Kegiatan edukasi dimaksud seperti edukasi publik, forum calon investor, sekolah pasar modal yang diadakan BEI, bekerja sama dengan OJK, Anggota Bursa, Galeri Investasi, Komunitas dan media menjadi pemicu kenaikan jumlah investor ini.

"Bahkan, selama Januari hingga Juni 2019, kegiatan edukasi oleh BEI telah mencapai 102 kegiatan," ungkapnya.

Selain itu maraknya akun media sosial yg memposting mengenai edukasi pasar modal juga ikut berkontribusi besar meningkatkan jumlah investor.

"Kita berharap dipenghujung tahun nanti jumlah investor KTP Sumbar terus meningkat dan tentunya berdampak kepada peningkatan aset yang dimiliki masyarakat khusus investasi berjangka panjang," pungkasnya. (*)