Harga Cabai Merah 'Pedas' di Padang Pariaman, Pedagang Tapakiak

"Harga cabai mencapai angka Rp70 ribu per kilogramnya"
Cabai merah di Pasar Raya Padang. (KLIKPOSITIF)

PADANG PARIAMAN, KLIKPOSITIF -- Harga cabai merah lagi-lagi semakin "pedas" saja di kantong. Hanya berselang dua minggu, harga cabai merah tembus Rp70 ribu per Kilogram pada Kamis 11 Juli 2019. Diketahui sebelumnya, dua minggu yang lalu, harga terpantau sekitar Rp30 ribu hingga Rp40 ribu per Kilogramnya.

"Sekarang harga tinggi, cabai merah sekilo saja mencapai Rp70 ribu. Ini karena pasokan kurang, makanya harga jadi melonjak," ungkap salah seorang pedagang cabai, Ajo Naih di Pasar Sungai Limau, Kabupaten Padang Pariaman kepada KLIKPOSITIF.

Di lapak Ajo Naih, harga cabai sudah tiga hari tembus angka Rp70 ribu, begitu juga dengan cabai keriting. "Hanya saja yang cabai hijau harganya masih murah. Cabai keriting yang hijau harga per kilogram Rp40 ribu, sedangkan cabai rawit hijau Rp45 ribu," sebutnya.

Terkait pembeli, Ajo Naih mengaku tak mampu menurunkan harga jika pembeli menawar dibawah Rp60 ribu. Pasalnya, harga tersebut bisa merugikan pedagang. "Tidak bisa lagi diturunkan, bisa-bisa rugi kami. Tapi, itu yang membuat para pembeli juga sepi," katanya.

Sementara itu, pedagang cabai lainnya di Pasar Aur Malintang, Tini juga menuturkan hal yang sama. Dia menyebut, harga cabai sudah empat hari belakangan naik di kawasan itu. "Tapi tidak sampai Rp70 ribu, hanya sebesar Rp60 ribu per kilogram, " kata Tini.

Dikatakannya juga, meskipun demikian pembeli tetap membeli cabai, namun dengan porsi yang lebih sedikit. "Dibeli juga oleh pembeli, hanya saja yang biasanya beli satu kilo sekarang setengah kilogram saja," jelas Tini.

Sementara itu, Dinas Pertanian Padang Pariaman sudah mengeluarkan rilis harga sembako hari ini. Berikut daftar harga tersebut.

Beras premium Rp.11.500/kg
Cabai merah Rp 70.000/kg
Bawang merah Rp30.000/kg
Bawang putih Rp.30.000/kg
Ubi jalar Rp6.000/kg
Tomat Rp.10.000/kg
Baca halaman selanjutnya