Tempat Sampah Tak Terkelola, Warga Datangi Kepala Desa

"alat berat excavator yang digunakan untuk mendorong sampah terlihat rusak"
Kondisi TPST Durian Gadang yang sudah dipenuhi sampah dan tak dibenahi. (KLIKPOSITIF/Rehasa)

PARIAMAN, KLIKPOSITIF -- Warga Desa Tungkal, Kota Pariaman memprotes Pemerintah dengan cara menutup menggunakan pagar tempat pembuangan sampah di kawasan Durian Gadang, Tungkal. Tindakan warga itu dilakukan karena tempat pembuangan sampah tersebut sudah penuh dan mencemari udara.

Aksi warga berlanjut ke Kantor Kades Tungkal pada Kamis (11/7). Disana warga menuturkan sampah tidak dikelola sehingga rembesan air sampah tersebut berserakan. "Sudah penuh sampah, namun tidak juga diangkut. Bau busuk, banyak lalat sangat mengganggu kami," ungkap salah seorang warga, Adi, di lokasi kantor desa.

Dikatakannya, dia dengan warga lain mendatangi kantor Desa Tungkal untuk membicarakan perihal tersebut. Pantauan KLIKPOSITIF, di lokasi tempat pembuangan sampah itu tampak sampah kian menumpuk, sementara alat berat excavator yang digunakan untuk mendorong sampah terlihat rusak.

Menanggapi itu, Kepala Desa Tungkal Selatan, Rahayadi Ningrat ketika menjawab KLIKPOSITIF, Kamis (11/7), sampah menumpuk itu mengkhawatirkan warga, selain air lindih juga bau dan lalat. "Warga minta ada solusi dari kondisi demikian. Kami sudah menyurati Dinas Perkim LH, termasuk DPRD pada tanggal 1 Juli 2019," katanya.

Sementara, Dinas Perkim dan Lingkungan Hidup Kota Pariaman, Kabid Kebersihan dan Pertamanan, Risman ketika dihubungi membenarkan tumpukan sampah di TPST Durian Gadang makin banyak volumenya dan belum terolah karena alat excavatornya rusak.

"Kalau peralatan itu tidak rusak, sampah tentu terolah dengan baik, ada yang dijadikan kompos dan sampah unorganik dipungut pemulung," kata Risman.

Lebih lanjut dikatakannya, bahwa lokasi TPST memang hampir penuh, jadi perlu lahan. "Jadi persoalan tumpukan sampah dan air lindih, sesegeranya diatasi, karena alat yang rusak tengah diperbaiki teknisi alat berat," jelasnya.

Pihaknya juga sudah membawa teknisi dari Padang pada Kamis (11/7) ke TPST Durian Gadang. Menurutnya, kalau alat ... Baca halaman selanjutnya