THL Pemkab Sijunjung Ikuti Pelatihan Bela Negara

"Bela negara dapat diaplikasikan dengan memberikan pendidikan berkarakter pemahaman nilai-nilai budi pekerti, sopan santun, saling menghargai dikalangan generasi muda"
Wakil Bupati Sijunjung Arrival Boy Saat Membuka Pelatihan Bela Negara Bagi THL Pemkab Sijunjung (Istimewa)

SIJUNJUNG, KLIKPOSITIF -- Wakil Bupati Sijunjung Arrival Boy mengatakan sikap bela negara tidak hanya dalam soal keamanan saja, tetapi diwujudkan dalam kerja keras dengan tetap menjaga harkat dan martabat bangsa dan negara.

"Bela negara dapat diaplikasikan dengan memberikan pendidikan berkarakter pemahaman nilai-nilai budi pekerti, sopan santun, saling menghargai dikalangan generasi muda," katanya saat membuka pelatihan Bela Negara bagi Tenaga Harian Lepas (THL) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sijunjung, di Sijunjung, Kamis 11 Juli 2019.

Dengan begitu, lanjutnya, akan timbul hubungan baik antar sesama warga, karena ada rasa saling menjaga. "Setelah adanya pelatihan Bela Negara, timbul kesamaan persepsi seperti apa pentingnya menanamkan wujud bela negara," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Sijunjung Bobby Roespandi mengatakan pelatihan Bela Negara bertujuan untuk memberikan pemahaman, pengetahuan dan mendorong timbulnya kesadaran bela negara.

Dan yang tak kalah pentingnya, lanjut Bobby, memberikan pemahaman sejarah dan makna nilai-nilai perjuangan khususnya di kalangan generasi muda, sehingga termotivasi dalam meningkatkan kesadaran bela negara.

"Untuk tenaga pengajar kita datangkan dari Kodim 0310/SS, Polres Sijunjung, Kejaksaan Negeri Sijunjung, kemudian Kesbangpol dan Linmas Kabupaten Sijunjung," kata Bobby.

Sementara itu, jumlah THL yang mengikuti pelatihan sebanyak 80 peserta yang dibagi dalam dua angkatan dari 11 hingga 12 Juli 2019. "Untuk angkatan pertama berjumlah 30 peserta dari Dinas Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Sijunjung, sementara untuk angkatan kedua gabungan dari THL bersama perwakilan pemuda dari kecamatan Sijunjung," tuturnya.