Dua CJH Kloter V Asal Pasaman Batal ke Tanah Suci, Diberangkatkan Tahun Depan

"Untuk yang ditunda akan diberangkatkan pada kloter berikutnya sementara yang batal harus bersabar menunggu tahun berikutnya"
Ilustrasi/KLIKPOSITIF (Istimewa )

PADANG, KLIKPOSITIF - Empat Calon Jamaah Haji (CJH) tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) V asal Kabutapen Pasaman batal berangkat ke tanah suci. Penyebabnya ada yang sakit dan karena menunggu mahram.

Dari empat tersebut dua ditunda dan dua lagi batal. Untuk yang ditunda akan diberangkatkan pada kloter berikutnya sementara yang batal harus bersabar karena akan diberangkatkan tahun berikutnya.

Plt. Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU), Efrizal  menjelaskan, CJH atas nama Darlina, dan Zakri Nurhasan ditunda keberangkatannya akibat sakit. Kemudian Rostian, dan Zainal Arifin batal berangkat karena menunggu mahram.

"Jadi dari empat orang tersebut, dua ditunda, dan dua lainnya batal. Bagi calon jamaah haji yang ditunda keberangkatannya akan diterbangkan ke kloter berikutnya. Sementara yang batal terpaksa harus bersabar menunggu diberangkatkan tahun depan," kata Efrizal, Kamis (11/7).

Kloter V memberangkatkan 389 CJH, berasal dari Kabupaten Pasaman, dan Kabupaten Pesisir Selatan. Kabupaten Pasaman memberangkatkan 282 CJH, diantaranya 121 pria, dan 161 wanita, sedangkan Kabupaten Pesisir 100 CJH, 41 pria, dan 59 wanita. Ditambah Tim Pendamping Haji Daerah (TPHD) dua orang, dan petugas kloter 5 orang.

"CJH termuda bernama Hamdan Yepandy Lubis berusia 18 tahun, sedangkan tertua yakni Rohani Binti Tengku Amir berumur 89 tahun. Keduanya berasal dari Kabupaten Pasaman," ujar Efrizal.

CJH Kloter V ini, sebut Efrizal, diberangkatkan dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM) menuju Bandara Internasional Pangeran Muhammad Bin Abdul Aziz Madinah pada pukul 12.55 WIB menggunakan pesawat Garuda Indonesia Boeing 777 seri 300 ER.

"389 jamaah haji kloter lima diperkirakan sampai di Madinah pukul 22.00 WIB," sebut Efrizal.

Efrizal menambahkan, nantinya jamaah haji kloter V menempati maktab nomor 10, sektor satu, di wilayah Syisyah 1. Total jamaah haji termasuk petugas yang telah berada di ... Baca halaman selanjutnya