Targetkan Realisasi PBB-P2 100 Persen, Ini yang Dilakukan Pemkab Solok

"Untuk tahun 2019, Pemkab Solok mulai menerapkan SP2D Online"
Bupati Solok membayarkan Pajak perdana melalui layanan Bank. (Istimewa)

KABUPATEN SOLOK, KLIKPOSITIF -- Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Solok menargetkan realisasi Pajak Bumi Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) mencapai angka 100 persen tahun 2019.

Kepala BKD Kabupaten Solok, Editiawarman mengatakan, hingga kini, baru 11 nagari dari 74 yang sudah membayarkan PBB-P2 100 persen.

"Target kita tahun ini, realisasi PBB-P2 Kabupaten Solok mencapai lebih kurang Rp2,5 miliar," sebut Editiawarman menjawab Klikpositif, Kamis (11/7).

Untuk mewujudkan target tersebut, BKD Kabupaten Solok membentuk tim khusus untuk mendorong partisipasi masyarakat dalam melunasi PBB-P2.

Selain itu, untuk tahun 2019, Pemkab Solok mulai menerapkan SP2D Online. Selain untuk percepatan pencairan SP2D, aplikasi ini juga memberikan transparansi tahapan proses pengajuan SP2D oleh masing-masing OPD.

"Melalui aplikasi SP2D online, BKD dapat membantu program smart city Kabupaten Solok yang secara tidak langsung juga akan meningkatkan Good Government Kabupaten Solok," sebut Editiawarman

Sementara itu, Bupati Solok meminta aparatur nagari untuk aktif mensosialisasikan kewajiban dalam pelunasan PBB-P2 setiap tahunnya untuk kemudahan pelayanan.

"Saya minta seluruh aparatur dapat menjadi contoh bagi masyarakat dengan terdepan dalam melunasi PBB-P2," sebut Gusmal.

[Syafriadi]