BKPM Dorong Pengembangan UMKM Lokal Ke Pasaran Dunia

Usaha Pinukuik Tek Enggi di Kecamatan Batang Kapas, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat
Usaha Pinukuik Tek Enggi di Kecamatan Batang Kapas, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir )

PADANG, KLIKPOSITIF - Deputi Bidang Perencanaan Penanaman Modal Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI, Ikmal Lukman mengatakan, investasi yang dilakukan dibeberapa sektor dapat mendorong pertumbuhan ekonomi didaerah. Apalagi, banyak masyarakat yang bergerak di sektor perdagangan seperti pelaku usaha UMKM di daerah.

"Untuk itu pelaku usaha yang bergerak di sektor UMKM ini mesti terus menjaga usaha yang ada dengan tetap melakukan terobosan dan inovasi kreatif. Tidak hanya urusan jual beli saja. Namun, usaha yang ada juga dapat menarik investor untuk pengembangan usahanya ke tingkat dunia," ujarnya, Rabu, 17 Juli 2019.

Dikatakannya, dengan mempertahankan usahanya apalagi dapat mengembangkannya dengan ide-ide kreatif tentunya ini akan menjadi nilai investasi jangka panjang baginya. Tentunya akan berdampak kepada hal lainnya, seperti pertumbuhan ekonomi daerah dan terbuka lapangan kerja.

Baca Juga

"Dampak investasi pelaku usaha ini akan banyak, tidak hanya pendapatan untuk dirinya saja. Namun, juga daerah akan mendapatkan dampaknya dengan pajak dan juga membantu pemerintah dalam meminalisir pengangguran yang otomatis akan ada pembukaan lapangan kerja," katanya.

Selain itu, dalam meningkatkan daya saingnya pelaku usaha mesti dapat berkembang secara teknologi. Apalagi, dengan menjamurnya bisnis online saat ini. Maka, pelaku usaha di Sumbar agar dapat bersaing dengan pelaku usaha daerah lainnya mereka mesti dapat beralih ke teknologi dalam hal pemasarannya. 

"Sehingga pemasaran produk yang dibuat didaerah tidak hanya di lokal saja dipasarkan, namun dapat menarik pasaran dunia. Kita tidak hanya impor namun mesti juga ekspor keluar," ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Sumbar, Widya Sari menyebutkan, usaha industri UMKM di Sumbar merupakan kelompok usaha yang memiliki potensi besar untuk mengatasi masalah kemiskinan dan pengangguran.

Apalagi keunggulan UMKM dalam hal ini memiliki karateristik yang memanfaatkan sumber daya lokal dan produksi yang dapat dilakukan dengan cepat.

"Untuk itu perlunya peningkatan usaha UMKM ini dengan mengandeng kemitraan dengan pelaku usaha lain dalam mengembangkan produknya. Maka, dengan adanya pertemuan pelaku usaha ini dapat mencarikan solusi permasalahan yang dialami pelaku usaha sektor UMKM dalam menggerakan usahanya," katanya.

Oleh karena itu, DPMPTSP Sumbar berkeinginan dengan ini akan memberikan dukungan dalam meningkatkan investasi pada pelaku usaha UMKM. Seperti menfasilitasi antara usaha besar dengan UMKM, penyusunan direktori mitra usaha potensial, pemberian intensif dan kemudahan penanaman modal dengan bunga ringan dari Bank Daerah. Serta, menfasilitasi pemasarannya.

"Kita ingin pelaku usaha UMKM di daerah ini setiap produknya dapat berkembang dan tentunya dapat tersebar di pasaran dunia selain lokal," pungkasnya.(*)

Penulis: Joni Abdul Kasir | Editor: -