Upacara Peringatan 26 Tahun Ibu Kota Agam Berlangsung Khidmat

"26 tahun adalah masa yang cukup panjang, namun relatif pendek jika dibandingkan dengan usia kota-kota yang lain"
Upacara peringatan Kepindahan Ibu Kota Agam (AMC)

AGAM, KLIKPOSITIF -- Dipimpin Bupati Agam Dr. Indra Catri, upacara peringatan 26 tahun Lubuk Basung sebagai Ibu Kota Kabupaten Agam berlangsung dengan khidmat di halaman kantor Bupati Agam, Jumat 19 Juli 2019. 

Upacara peringatan perpindahan ibu Kota ini turut dihadiri oleh Wakil Bupati Agam Forkopimda Kabupaten Agam, Niniak Mamak, Bundo Kanduang, kepala OPD dan ASN Pemkab Agam, serta pelaku sejarah perpindahan Ibu Kota.

Indra Catri pada sambutannya menyampaikan sedikit kilas balik sejarah perpindahan ibu kota, kondisi existing saat ini dan program serta harapan di masa yang akan datang.

“26 tahun adalah masa yang cukup panjang, namun relatif pendek jika dibandingkan dengan usia kota-kota yang lain. Namun perkembangan Lubuk Basung sebagai Ibukota Kabupaten Agam pada masa yang relatif pendek itu sangat pesat,” jelas Indra Catri.

Disampaikan oleh Indra Catri, dalam segi infrastruktur setidaknya 3 tahun terakhir ini saja Lubuk Basung sudah banyak mengalami perubahan melalui sentuhan pembangunan yang inovatif dan kreatif.

Tercatat hampir 100 km jalan yang dibangun ataupun ditingkatkan kualitasnya, penataan zona perkantoran dengan pola super blok, pembangunan rusunawa, pembangunan dan pengembangan Sport Centre, perbaikan Mesjid Agung Nurul Falah yang telah menjadi ikon dari Kabupaten Agam yang madani serta pembangunan jaringan irigasi untuk pertanian masyarakat Lubuk Basung.

Diakui oleh Indra Catri, pembangunan di Lubuk Basung mungkin belum mencakup keseluruhan wilayah. Hal ini dikarenakan wilayah Lubuk Basung yang sangat luas. Namun dinyatakan bahwa proses pembangunan yang telah berhasil dilaksanakan, belum akan berhenti dan akan terus dilanjutkan untuk menjadikan Lubuk Basung sebagai ibukota ideal.

“Lubuk Basung akan tetap menjadi salah satu prioritas utama dalam program pembangunan di Kabupaten Agam. Lubuk Basung memiliki beban berat sebagai representasi dan penjaga ... Baca halaman selanjutnya