Pasca Hujan Deras dan Angin Kencang di Payakumbuh, Belasan Titik Bencana Terdeteksi

"Semua titik ini memiliki bermacam bencana seperti pohon tumbang yang menimpa rumah warga, menimpa sekolah, dan pohon tumbang di pinggir jalan. Kemudian juga ada lokasi yang mengakibatkan kubah salah satu masjid yang terbang"
Wakil Walikota Payakumbuh saat tinjauan langsung ke lapangan terkait peristiwa angin kencang dan hujan deras yang melanda Payakumbuh kemarin (KLIKPOSITIF/ Ade Suhendra)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Pasca angin kencang dan hujan deras yang melanda Kota Payakumbuh kemarin (Minggu, 28/7), mengakibatkan sejumlah titik lokasi alami bencana.

Kepala BPBD Payakumbuh Yufnani Away dan Kabid Kedaruratan dan Logistik Atrimon mengatakan sementara ada 12 titik yang ditemukan petugas BPBD. Semua titik ini dikatakannya berada umumnya di Kecamatan Payakumbuh Barat seperti di Koto Nan Ampek, Padang Tinggi Piliang, dan Subarang Batuang.

"Semua titik ini memiliki bermacam bencana seperti pohon tumbang yang menimpa rumah warga, menimpa sekolah, dan pohon tumbang di pinggir jalan. Kemudian juga ada lokasi yang mengakibatkan kubah salah satu masjid yang terbang," kata Yufnani Away, Senin (29/7).

Ia menjelaskan saat kejadian pihak Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD telah menangani 7 lokasi dari 12 titik yang terdampak. Sedangkan 5 titik penanganannya tengah berlangsung, salah satunya pohon tumbang di Jalan Soekarno Hatta, Balai Nan Duo yang mengakibatkan pengendara harus dialihkan ke jalur alternatif.

"Saat ini yang telah selesai ditangani yaitu Balai Nan Duo, Asrama Kodim depan DPRD, Simpang Kasda, Padang Kudo ada dua titik, daerah Tanah Mati, dan Parit Rantang di belakang Bofet Pergaulan. Kemudian tadi kami juga telah menangani titik di Parit Rantang, daerah di belakang Perikanan, di belakang Petto, dekat Sinar Pagi, dan MAN 2 Payakumbuh," ujar Kepala BPBD didampingi Agus Rubiono dan An Denitral, Kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi.

Untuk kerugian sementara, pihaknya masih belum bisa memastikan secara pasti. Namun diperkirakan kerugian mencapai ratusan juta karena kerusakan selain rumah warga juga ada jalan, fasilitas umum lainnya, dan Rumah Gadang.

Saat ini Pemerintah Kota Payakumbuh juga telah berkoordinasi dengan dinas terkait baik itu BPBD, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Pol PP, Damkar, dan Dinas PU untuk bersinergi menanggulangi kejadian tersebut.

Wakil Walikota Payakumbuh Erwin ... Baca halaman selanjutnya