Ditimpa Pohon Tumbang, Satu Rumah di Kabupaten Solok Rusak Parah

"Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut"
Wali Nagari Kotobaru, Afrizal K bersama aparat Bhabinkamtibmas dan Babinsa meninjau lokasi rumah korban. (Istimewa)

SOLOK, KLIKPOSITIF --- Rumah warga di Korong Sawah Luka, Jorong Kajai, Nagari Kotobaru, Kabupaten Solok - Sumbar rusak parah usai ditimpa pohon kelapa yang tumbang pada Rabu (31/07/2019) malam.

Diketahui, rumah semi permanen tersebut merupakan milik keluarga Tamania (73). Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa yang terjadi sekitar pukul 22.00 WIB.

Menurut Wali Nagari Kotobaru, Afrizal K, rumah korban boleh dikatakan tidak layak lagi ditempati. Atap hingga dinding rumah rusak parah.

"Hanya tersisa satu ruangan yang masih bisa digunakan, sementara penghuni rumah ada sebanyak empat orang," terang Wali Nagari, Kamis 1 Agustus 2019.

Untuk meringankan beban korban, pihak pemerintah nagari telah memberikan bantuan material untuk pembangunan rumah kembali. Namun ditaksir belum cukup untuk mengembalikan kondisi rumah seperti semula.

Selain itu, pemerintah nagari bersama masyarakat dan aparat dari Bhabinkamtibmas dan Babinsa bahu membahu membantu memindahkan pohon yang membelah rumah dan membersihkan material yang rusak.

Pihak pemerintah nagari juga telah menyurati dinas terkait untuk mengajukan bantuan untuk perbaikan rumah korban. Kerugian materil akibat kejadian itu ditaksir mencapai 10 juta rupiah.

"Kita sudah surati Dinas Sosial Kabupaten Solok untuk membantu meringankan beban warga yang tertimpa musibah, apalagi keluarga korban termasuk keluarga kurang mampu," ungkap Afrizal.

[Syafriadi]