Inilah Kisah Hidup Alumni SMAN 2 Padang yang Jadi Menteri

"Sewaktu bersekolah, dia adalah seorang siswa yang rajin mendapatkan nilai 8 dan dikenal kreatif."
Nilai rapor dan buku induk Archandra selama di SMAN 2 Padang (KLIKPOSITIF/Vendo Olvalanda S)

KLIKPOSITIF -- Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Archandra Thahar yang baru saja diumumkan oleh Presiden Joko Widodo merupakan Alumni SMAN 2 Padang angkatan 1989. Sewaktu bersekolah, dia adalah seorang siswa yang rajin mendapatkan nilai 8 dan dikenal kreatif.

Berasal dari jurusan IPA, pria yang masuk pada tahun 1987 dan tamat pada tahun 1989 tersebut diakui sudah cerdas sewaktu duduk di bangku sekolah menengah. Archandra dikenal sebagai siswa yang kreatif dan berperawakan tenang.

Tidak hanya itu, selama di sekolah, Archandra dikenal sebagai siswa yang berprestasi. Rata-rata nilainya selalu di angka 8. Selain cerdas. Alchandra juga dikenal senang berorganisasi, bahkan di kelas 2 SMA, dia terpilih menjadi Koordinator OSIS SMAN 2 Padang di Bidang Pendidikan dan Organisasi yang sekarang bernama Bidang Kreativitas.

"Tidak salah Presiden memilihnya menjadi seorang menteri," ucap Ardiati, walikelas Alchandra sewaktu kelas 3 SMA kepada KLIKPOSITIF, Rabu (27/7) sore.

Pengumuman Archandra Thahar menjadi Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) oleh Presiden RI itupun membawa kabar gembira, salah satunya adalah almamaternya, SMAN 2 Padang.

"Kami atas nama keluarga besar SMAN 2 Padang merasa gembira. Setelah beberapa nama besar, kini Archandra turut mengharumkan nama SMAN 2 Padang," ungkap Syamsul Bahri, Kepala Sekolah SMAN 2 Padang.

Menurutnya, terpilihnya anak dari pasangan Thaharudin dan Zuraida tersebut sebagai Menteri ESDM diharapkan dapat mengangkat SMAN 2 Padang menjadi lebih baik lagi, baik secara fisik maupun nonfisik.

"Kami dari pihak sekolah maupun IKASMA 2 Padang benar-benar memberikan apresiasi yang besar kepada Archandra. Ia merupakan aset berharga dari SMAN 2 dan bangsa ini. Terpilihnya Archandra diharapkan juga dapat memotivasi adik-adik dan siswa-siswi SMAN 2 Padang," ujar Syamsul Bahri.

Sebelum Archandra menjadi Menteri, juga ada sejumlah nama tokoh Nasional yang ... Baca halaman selanjutnya