Serapan APBD Semester 1 Rendah, Gubernur Sumbar Akan Panggil Kepala OPD

"Dikatakannya, jika deviasinya dibawah 10 persen masih bisa dimaklumi. Tetapi kalau lebih dari itu tidak bisa diterima lagi"
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir )

PADANG, KLIKPOSITIF - Realisasi serapan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) yang berada dan dibelanjakan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tidak mencapai target.

Realisasi APBD semester 1 tahun 2019  hingga bulan Juli. Untuk realisasi fisik target 70,73 persen, terealisasi hanya 46,11 persen. Sedangkan, untuk  keuangan, target 66,92 persen, terealisasi 40,73 persen.

Menyikapi rendah serapan tersebut, Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno meminta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) didaerah itu segera menyelesaikan semua target serapan fisik dan keuangan hingga September akhir.

"Evaluasi semester pertama tahun ini didapati serapan fisik dan keuangan belum mencapai target. Maka, untuk itu saya tugaskan sampai September akhir untuk semua alasan penyebab tidak tercapai target itu agar diselesaikan OPD," ujarnya saat rapat evaluasi pembangunan semester tahun 1 tahun anggaran 2019, di Auditorium Gubernur, Rabu (7/8).

Dikatakannya, jika deviasinya dibawah 10 persen masih bisa dimaklumi. Tetapi kalau lebih dari itu tidak bisa diterima lagi.

"Jadi jika efisiensi masih dapat saya terima. Tetapi jika OPD itu lalai saya tidak dapat terima. Untuk itu nanti saya akan bicara dengan Wagub terkait persoalan ini, akan kita panggil kepala OPD yang jauh dibawah target ini, kita tanya alasannya kenapa bisa seperti ini," ungkapnya.

Disebutkannya, evaluasi yang dilakukan ini merupakan upaya pemerintah dalam mengendalikan pembangunan sehingga berjalan dengan baik. Sehingga, ada perbaikan dan evaluasi yang dilakukan setiap bulan oleh OPD.

"Insyaallah tidak ada masalah. Evaluasi seperti ini biasa dilakukan, karena terkait realiasi ini dari pengalaman tahun sebelumnya diakhir tahun semua target akan terpenuhi oleh OPD, bahkan semua diatas  95 persen," pungkasnya. (*)