Takbir Keliling di Pasbar Tanpa Syahiran

"Sebelum dilaksanakan kegiatan takbir keliling lepas ba'da Asyar dilaksanakan terlebih dahulu tahlilan"
Suasana sebelum pelepasan rombongan takbir keliling (Istimewa)

PASAMAN BARAT, KLIKPOSITIF -- Suasana duka masih terlihat saat pelepasan rombongan takbir keliling Idul Adha 1440 Hijriah di seputaran Simpang Empat, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), pada Sabtu (8/10/2019).

Pelepasan takbir di Halaman rumah dinas Bupati Pasbar yang biasanya dilakukan oleh almarhum Syahiran, di hari raya Idul Adha kali ini tidak ada lagi. Orang nomor satu Pasaman Barat itu genap seminggu telah berpulang menghadap sang khalik.

Sebelum dilaksanakan kegiatan takbir keliling lepas ba'da Asyar dilaksanakan terlebih dahulu tahlilan bersama mendoakan orang nomor satu Pasbar tersebut.

"Hari raya idul adha kali ini kita masih diselimuti susana duka, dengan kepergian Bupati Pasbar menghadap sang pencipta seminggu yang lalu," sebut Wakil Bupati Pasbar, Yulianto sebelum melakukan pelepasan rombongan takbir keliling.

"Beliau pemimpin kita, bapak kita dan orang tua kita. Saya masih ingat, di lebaran idul fitri kemaren beliau masih bersama kita dalam kegiatan takbir keliling. Tapi itulah rahasia Tuhan, kita tidak akan pernah bisa menebaknya serta hanya bisa menjalaninya," sambungnya.

Ia menilai Almarhum adalah pimpinan yang bijak, pimpinan yang peduli dengan masyarakatnya, sekaligus guru dalam memimpin Pasbar. 

Disamping itu Yulianto juga menyampaikan atas nama pribadi, keluarga dan Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman Barat mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 1440 H.

"Maaf lahir dan bathin. Semoga kita semua menjadi pribadi yang bersih dan semakin dekat dengan sang kuasa," ucapnya.

Untuk diketahui, kegiatan Shalat Idul Adha 1440 H dipusatkan di Halaman Kantor Bupati Pasbar, pada Minggu (11/8) dengan penceramah Ustadz Zul Asfi Lubis dari Kota Padang dan imam oleh Ustadz Bulkhaini.

[Irfan Pasaribu]