4.020 Ekor Hewan Kurban Disembelih di Pessel Tahun Ini

"Meningkat 356 ekor, yang terdiri dari sapi, kambing dan kerbau. Tetapi paling tertinggi sapi"
(Ist)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Pada Idul Adha tahun ini, jumlah penyembelihan hewan kurban di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat meningkat dari tahun sebelumnya.

Data dari Dinas Perternakan setempat, total pada Idul Adha 1440 H/2019 hewan kurban di daerah tercatat mencapai 4.020 ekor, sedangkan 2018 hanya mencapai 3.655 ekor.

"Meningkat 356 ekor, yang terdiri dari sapi, kambing dan kerbau. Tetapi paling tertinggi sapi," ungkap Sekretaris Dinas Peternak dan Kesehatan Hewan Pesisir Selatan, Yosro kepada KLIKPOSITIF.

Ia menyebutkan, jumlah penyembelihan hewan kurban antar kecamatan, tahun ini yang paling tinggi Lengayang dengan 618 ekor, sapi jantan 615 ekor, satu betina dan dua ekor kambing.

"Setelah Lengayang, tertinggi IV Jurai 487 ekor, dan terendah yaitu Rahul, BAB Tapan, Lunang dan Silaut," terangnya.

Kata Yosro, dari 4020 ekor hewan kurban tahun ini, yang paling terbanyak sapi jantan sebanyak 3.547, sapi betina 168, kerbau jantan dan 234 kambing.

"Benar, sapi selalu terbanyak sama dengan tahun sebelumnya. Pemotongan hewan kurban terbanyak tetap sapi," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni menyampaikan selamat Hari Raya Idul Adha pada seluruh masyarakat Pesisir Selatan.

Dirinya mengajak segenap masyarakat ikut berkurban sebagai salah satu wujud syukur atas rezeki yang kita peroleh selama ini.

"Kami atas nama pemerintah daerah dan keluarga mengucapkan selamat Hari Raya Idul Adha 1440 H," ucapnya. (Kiki Julnasri)