2 Hektare Lahan Sawit Terbakar di Sijunjung

"Lahan tersebut diketahui terbakar pada hari ini Selasa 13 Agustus 2019, sekira pukul 13.00 WIB"
Petugas BPBD dan Damkar Saat Mematikan Api di Banda Dato, Jorong Koran, Nagari Pematang Panjang, Kecamatan Sijunjung, Kabupaten Sijunjung, Selasa 13 Agustus 2019 (Istimewa)

SIJUNJUNG, KLIKPOSITIF -- Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) terjadi di Sijunjung. Karhutla tersebut berada di sebuah lahan sawit di Banda Dato, Jorong Koran, Nagari Pematang Panjang, Kecamatan Sijunjung.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sijunjung Hardiwan mengatakan, lahan sawit tersebut milik dari Dusrimil (70). Lahannya, sambung Hardiwan seluas 4 hektare, sementara lahan yang terbakar sekira 2 hektare. "Lahan tersebut diketahui terbakar pada hari ini Selasa 13 Agustus 2019, sekira pukul 13.00 WIB," katanya melalui pesan WhatsApp.

Ia menambahkan, terbakarnya lahan sawit berawal dari adanya warga yang menumpang berladang dilahan milik Dusrimil. "Orang yang menumpang inilah yang membakar dengan tujuan untuk membersihkan pada sore kemarin," ujarnya.

Lebih jauh Hardiwan menambahkan, keesokan harinya, istri pemilik lahan Marias (57) melihat kepulan asap di lahan, saat didekati api sudah menyebar. "Melihat kejadian itu, Marias segera melapor ke Pemerintah Nagari Pematang Panjang, kemudian pihak Nagari segera melapor kepada kami," katanya lagi.

Hardiwan melanjutkan, untuk memadamkan api, pihaknya menurunkan mobil pemadam Karhutla dan mobil tanki air. "Dengan sigap personel kami dibantu Damkar berhasil menghentikan laju api," tuturnya.

Pada kesempatan itu, ia menghimbau kepada warga untuk tidak membakar lahan dengan tujuan apapun, karena bisa berdampak pada kebakaran lahan yang lebih besar, apalagi sekarang ini musim kemarau.(*)