KONI Payakumbuh tak Akan Gelar Pra-Porprov

"Dasar kita melaksanakan Pra-Porprov tersebut tidak ada. Kecuali Peraturan Umum Porprov 2020 telah ditetapkan, baru kita akan laksanakan Pra-Porprov"
Kantor KONI Payakumbuh. (KLIKPOSITIF/Taufik Hidayat)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Payakumbuh, Yusra Maiza menyatakan pihaknya tidak akan menggelar Pra-Porprov untuk cabang olahraga (cabor) bola basket dan sepak takraw selama belum ada dasar hukum yang jelas terkait pelaksanaan event tersebut.

KONI Payakumbuh sendiri ditunjuk oleh KONI Sumbar sebagai tuan rumah Pra-Porprov untuk dua cabor tersebut. Namun belum ditetapkannya Peraturan Umum Porprov 2020 di Pasaman Barat dikemukakan Yusra Maiza sebagai alasan kenapa pihaknya belum mau melaksanakan Pra-Porprov.

"Dasar kita melaksanakan Pra-Porprov tersebut tidak ada. Kecuali Peraturan Umum Porprov 2020 telah ditetapkan, baru kita akan laksanakan Pra-Porprov," kata Yusra Maiza, Selasa (14/8).

Dikatakannya, apabila KONI Payakumbuh tetap berkeras melaksanakan Pra-Porprov tanpa dasar kuat, maka daerah yang nanti tidak lolos ke Porprov akan bisa mengajukan tuntutan.

"Kita bukan menolak dalam artian tidak setuju atau tidak siap sebagai tuan rumah Pra-Porprov cabang bola basket dan sepak takraw, namun kita melihat kegiatan yang akan kita gelar itu memiliki celah bagi daerah lain yang tidak lolos ke Porprov untuk menuntut kita nanti," lanjutnya.

Untuk menghindari terjadi hal-hal seperti di atas, ia meminta KONI Sumbar untuk bergerak cepat dan terlebih dahulu menyiapkan Peraturan Umum pesta olahraga multi event tersebut sebelum memutuskan untuk menggelar Pra-Poprov.

KONI Payakumbuh sendiri terus menyiapkan para atletnya untuk tampil pada Porprov 2020 di Pasaman Barat nanti. Tahun lalu, kontingan Kota Randang itu finish di peringkat 8 klasemen akhir peraih medali dengan total 34 medali emas, 57 perak dan 55 perunggu. (*)