Anggota Terpilih DPRD Tanah Datar Diambil Sumpah, Bersama Mewujudkan Janji Sejahterakan Rakyat

Pengucapan Sumpah Anggota DPRD Tanah Datar Masa Jabatan 2019 - 2024 dipandu Ketua PN Batusangkar, Tiwik, SH. M.Hum
Pengucapan Sumpah Anggota DPRD Tanah Datar Masa Jabatan 2019 - 2024 dipandu Ketua PN Batusangkar, Tiwik, SH. M.Hum (Ist)

TANAH DATAR, KLIKPOSITIF -- Sebanyak 34 dari 35 anggota terpilih Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tanah Datar, mengucapkan sumpah/janji jabatan. Pengambilan sumpah dipandu Ketua Pengadilan Negeri Batusangkar Tiwik, SH.M. Hum atas nama Mahkamah Agung (MA) di Gedung Nasional Maharajo Dirajo Batusangkar, Rabu 14 Agustus 2019.

Satu orang anggota terpilih DPRD Tanah Datar atas nama Saidani, belum bisa diambil sumpah/janjinya karena masih berada di Makkah menunaikan ibadah haji.

Petikan kata sumpah/janji yang dibaca anggota dewan adalah "Demi Allah, saya bersumpah/berjanji : Bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, sesuai dengan Peraturan Perundang-undangan, dengan berpedoman pada Pancasila dan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Baca Juga

Bahwa saya dalam menjalankan kewajiban akan bekerja dengan sungguh-sungguh, demi tegaknya kehidupan demokrasi, serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara daripada kepentingan pribadi, seseorang, dan golongan.

Bahwa saya akan memperjuangkan aspirasi rakyat yang saya wakili untuk mewujudkan tujuan nasional demi kepentingan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.”

Dalam Rapat Paripurna DPRD dengan agenda Pengucapan Sumpah/Janji Anggota DPRD Tanah Datar masa jabatan 2019 - 2024 tersebut, juga ditetapkan pimpinan dewan sementara yakni Ketua dijabat Jonnedi dari Partai Gerindra dan Wakil Ketua Istiqlal dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Ketua DPRD Tanah Datar masa jabatan 2014 - 2019 Anton Yondra menyampaikan selamat bertugas kepada anggota dewan yang baru dan permintaan maaf kepada semua pihak, terutama masyarakat jika terdapat banyak kekurangan selama menjalankan tugas.

"Selama lima tahun ini, kami menjalankan tugas sudah berupaya maksimal dalam bekerja. Selama itu kami menghasilkan 45 Peraturan Daerah, 77 Keputusan DPRD dan 49 Keputusan Pimpinan DPRD," katanya.
Selama itu juga, DPRD Tanah Datar telah melahirkan Program Pembentukan Perda (Propemperda) dan pada tahun 2019 ini sebanyak 18 judul Propemperda dilahirkan dimana lima judul diantaranya telah dilakukan pembahasan.

Ketua DPRD Tanah Datar masa jabatan 2019 - 2024 Sementara Jonnedi menyampaikan apresiasi kepada masyarakat, pemerintah daerah, penyelenggara Pemilu, dan pihak terkait lainnya, yang telah sukses menggelar pemilihan umum 2019 sehingga telah melahirkan anggota Dewan terpilih.

Untuk itu, Jonnedi mengharapkan anggota Dewan yang sudah diambil sumpah/janjinya untuk dapat melaksanakan tugas dengan baik sebagai lembaga pengawasan, pembuat Perda, dan anggaran daerah.
"Lembaga DPRD hendaknya benar-benar menjadi wakil rakyat dan berfungsi sebagai agen rakyat yang menampung dan mewujudkan aspirasi rakyat," tuturnya.

Sementara itu, Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi menyampaikan terima kasih atas pengabdian anggota dewan masa jabatan 2014 - 2019, yang telah diberhentikan dengan hormat berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Sumatera Barat.

Kepada anggota dewan masa jabatan 2019 - 2024, Bupati mengimbau di tengah banyaknya tantangan dalam mengemban amanah hendaknya dapat menjaga keharmonisan dengan pemerintah daerah.

"Kini saatnya melangkah bersama untuk mewujudkan janji-janji mencapai kesejahteraan rakyat. Ini saatnya bekerja siang dan malam untuk mencapai kesejahteraan rakyat Tanah Datar," kata Irdinansyah.

Berikut nama-nama anggota DPRD Tanah Datar masa jabatan 2019 - 2024 yang diambil sumpah/janjinya adalah Jonnedi, Asrul Jusan, Syafaruddin Datuk Marajo, Istiqlal, Arianto, Jasmadi, Wadra Wati, Eri Hendri, Herman Sugiarto, Adrijinil Simabura, Alimuhar Sutan Tunaro.

Kemudian, Muhamad Haekal, Donna, Afrizal Datuk Rajo Lenggang, Afriman Datuk Majo Indo, Benny Remon, Anton Yondra, Dekminil, Yalpema Jurin, Nurhamdi Zahari, Nurzal, Kamrita, Abu Bakar, Agus Tofik, Rony Mulyadi Datuk Bungsu, Dedi Irawan, Nova Hendria, Zulhadi, Syafril, Surva Hutri, Azwar Rabain, Khairul Abdi, Zulli Rustam, dan Benny Apero.

Sementara, Saidani belum diambil sumpahnya karena menunaikan ibadah haji. Pembacaan nama-nama anggota dewan disampaikan Sekretaris DPRD Tanah Datar Elizar.

Jumlah perolehan kursi Parpol di dewan saat ini yakni Partai Gerindra 6 kursi, PKS 5 kursi, Partai Golkar 4 kursi, PPP 4 kursi, PAN 4 kursi, Partai Demokrat 4 kursi, Partai NasDem 3 kursi, Partai Hanura 3 kursi, dan PDI Perjuangan 2 kursi. (Adv)

[Irfan Taufik]

Video

Kakek yang Viral Beli Obat dengan Uang Mainan Akan Segera Umrah

YouTube channel KlikPositif.com

Penulis: Webtorial