KPU Tetapkan 65 Anggota DPRD Sumbar Terpilih, Ini Daftarnya

Komisioner KPU Sumbar berfoto bersama dengan perwakilan Parpol setelah menyerahkan berita acara
Komisioner KPU Sumbar berfoto bersama dengan perwakilan Parpol setelah menyerahkan berita acara (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat (Sumbar) resmi tetapkan 65 calon terpilih anggota DPRD Sumbar periode 2019-2024 yang merupakan hasil pemilihan legislatif (Pileg) tahun 2019.

Penetapan itu dilaksanakan saat rapat pleno terbuka pengumuman perolehan kursi partai politik (Parpol) dan penetapan calon terpilih DPRD Sumbar di Hotel Mercure pada Rabu, 14 Agustus 2019.

Ketua KPU Sumbar Amnasmen mengungkapkan nantinya nama yang terpilih akan dikirimkan ke Gubernur agar diketahui oleh masyarakat. Pada penetapan tersebut, ada 46 wajah baru dipastikan menduduki kursi DPRD Sumbar dengan rincian yakni mereka yang sukses mempertahankan kursinya hanya 19 dewan, atau hanya 12 persen dari total kuota 65 kursi.

Baca Juga

Dia menyebutkan ke-65 anggota DPRD Sumbar tersebut adalah dari daerah pemilihan Sumbar I Kota Padang ada sepuluh kursi yang diisi oleh Desrio Putra, Hidayat dan Evi Yandri dari Partai Gerindra, Albert Hendra Lukman dari PDI Perjuangan, Afrizal dari Partai Golkar

Kemudian Gustami Hidayat dan Rahmat Saleh dari Partai Keadilan Sejahtera, Indra dt Rajo Lelo dan Maigus Nasir dari Partai Amanat Nasional dan Suwirpen Suib

Setelah itu di daerah pemilihan Sumbar II Kota Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman terdapat enam kursi yang ditempati Firdaus dari PKB, Tri Suryadi dan Jempol dari Partai Gerindra, Siti Izzati dari Partai Golkar, M Ridwan dari PKS, M Ikhbal dari PAN dan M Nurnas dari Partai Demokrat.

Kemudian di daerah pemilihan Sumbar III Kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam terdapat delapan kursi yang ditempati Ismunandi Sofyan dari Partai Gerindra, Lazuardi Erman dari Golkar, Rinaldi SP dan Rafdinal dari PKS, Syafril Huda dari PPP, Andri Warman dari PAN dan Ismet Amzis dan Nofrizon dari Demokrat.

Untuk daerah pemilihan Sumbar IV Kabupaten Pasama Barat dan Pasaman ada sembilan kursi yang akan diduduki oleh Donizar dari PKB, Yunisra Syahiran dan Khairudin Simanjuntak dari Gerindra,

Setelah itu Syamsul Bahri dari PDI Perjuangan, Benny Utama dari Golkar, Muhammad Ihpan PKS, Syawal PPP, Muzli M Nur PAN dan Sabar AS dari Demokrat.

Untuk daerah pemilihan Sumbar V Kota Payakumbuh dan Kabupaten 50 Kota terdapat enam kursi yakni Nurkhalis dt Rajo Bijo dan Supardi dari Gerindra, Syafruddin dt Bandaro Rajo dari Golkar, Irsyad Syafar dari PKS, Dody Delvy dari PAN dan Darman Sahladi dari Demokrat


Selanjutnya daerah pemilihan Sumbar VI Kabupaten Tanah Datar, Padang Panjang, Kota Sawahlunto, Kabupaten Sijunjung dan Dharmasraya terdapat 11 kursi yang diisi oleh Rico Alviano dari PKB, Mesra dan Syafruddin Putra dari Gerindra, Hendra Irwan Rahim dari Golkar.

Kemudian Taufik Syahrial dari Nasdem, Budiman dt Malano Garang dari PKS, Yoserizal dab Syahrul Furqan dari PAN, Jefri Masrul dan Arkadius dt Intan Bano dari Demokrat

Setelah itu, daerah pemilihan Sumbar VII meliputi Kabupaten Solok, Solok Selatan dan Kota Solok ada tujuh kursi yakni untuk Mario Syah Johan dari Gerindra, Khairunnas dari Golkar, Irwan Afriadi dari Nasdem, nurfiemanwansyah dari PKS.

Kemudian Daswippetra dt Manjinjiang Alam dari PPP, Ahmad Rius dari PAN dan Irzal Ilyas dt Lawik Basa dari Demokrat.

Terakhir dari daerah pemilihan Sumbar VIII meliputi Kabupaten Kepulauan Mentawai dan Pesisir Selatan terdapat tujuh kursi yaitu untuk Muchlis Yusuf Abit dari Gerindra,

Setelah itu Zarfi Deson dari Golkar, Bakri Bakar dari Nasdem, Hamdanus dari PKS, Imral Adenansi PPP dan Muhayatul dari PAN.

Disisi lain, Wali Kota Bukittinggi periode 2010-2015 Ismet Amziz yang maju dari Partai Demokrat menjadi calon terpilih anggota DPRD Sumbar dengan capaian suara terbanyak yakni 29.782 suara dalam pemilu legislatif di daerah pemilihan Sumbar III meliputi Kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam.

Sementara untuk Parpol yang maraih kursi terbanyak Partai Gerindra dengan torehan 14 kursi yang terdiri dari tiga kursi di daerah pemilihan Sumbar I, dua kursi dari daerah pemilihan Sumbar II, Sumbar IV, Sumbar V, Sumbar VI dan satu kursi di daerah pemilihan Sumbar III, Sumbar VII dan Sumbar VIII.(Khadijah)

Berikut nama-nama calon anggota DPRD Sumbar priode 2019-2024 hasil pleno KPU Sumbar:

Gerindra (14 kursi dengan perolehan suara 476.985):
1. Desrio Putra
2. Hidayat
3. Evi Yandri
4. Tri Suryadi
5. Jempol
6. Ismunandi Syofyan
7. Yunisra Syahiran
8. Khairuddin Simanjuntak
9. Nurkhalis
10. Supardi
11. Mesra
12. Syafruddin Putra
13. Maro Syahjohan
14. Mukhlis Yusuf Abid

PKS (10 kursi dengan perolehan suara 389.526):
1. Gustami Hidayat
2. Rahmad Saleh
3. Muhammad Ridwan
4. Rinaldi
5. Rafdinal
6. M. Ihpan
7. Irsyad Syafar
8. Budiman
9. Nurfirmanwansyah
10. Hamdanus

PD (10 kursi dengan perolehan suara 358.566)
1. Suwirpen Suib
2. HM. Nurnas
3. Ismet Amzis
4. Nofrizon
5. Sabar, As
6. Darman Syahladi
7. Jefri Masrul
8. Arkadius Dt Intan Bano
9. Irzal Ilyas
10. Ali Tanjung

PAN (10 kursi dengan perolehan suara 346.197):
1. Indra Dt. Rajo Lelo
2. Maigus Nasir
3. Muhammad Ikhbal
4. Andri Warman
5. Muzli M. Nur
6. Dody Delvy
7. Yosrizal
8. Syahrul Furqon
9. Ahmad Rius
10. Muhayatul

Golkar (8 kursi dengan perolehan suara 265.184):
1. Afrizal
2. Sitti Izzati Aziz
3. Lazwardi Erman
4. Benny Utama
5. Syafaruddin Dt Bandaro Rajo
6. Hendra Irwan Rahim
7. Khairunas
8. Zarfi Deson

PPP (4 kursi dengan perolehan suara 159.007):
1. Syafril Huda
2. Syawal
3. Daswippetra
4. Imral Ade Nangsi

Nasdem (3 kursi dengan perolehan suara 145.629):
1. Taufik Syahrial
2. Irwan Afriadi
3. Bakri Bakar

PDIP (3 kursi dengan perolehan suara 128.986):
1. Albert Hendra Lukman
2. Syamsul Bahri
3. Leli Arni

PKB (3 kursi dengan perolehan suara 102.681):
1. Firdaus
2. Donizar
3. Rico Alviano

Penulis: Iwan R | Editor: Khadijah