Pemprov Sumbar Sediakan Pemandu Disabilitas di Masjid Raya Sumbar

Perwakilan disabilitas bersama pengurus Masjid Raya Sumbar beberapa waktu lalu melakukan audiensi soal pelarangan kursi roda
Perwakilan disabilitas bersama pengurus Masjid Raya Sumbar beberapa waktu lalu melakukan audiensi soal pelarangan kursi roda (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir )

PADANG, KLIKPOSITIF - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) berjanji akan menempatkan pemandu Disabilitas di Masjid Raya Sumbar . Pemprov Sumbar akan memberdayakan Satpol PP, Satpam hingga Petugas Kebersihan menjadi pemandu Disabilitas di Masjid tersebut.

Hal itu disampaikan Kepala Bagian (Kabag) Agama Biro Bina Mental dan Kesra Sumbar Jumadi usai Rapat Terkait Permasalahan Pemakaian Fasilitas Umum di Masjid Raya Sumbar , Kamis, 22 Agustus 2019.

"Secara bertahap akan kami lengkapi akses disabilitas termasuk pemandu bagi mereka," ujarnya.

Baca Juga

Namun, dalam waktu dekat ini pihaknya akan memberdayakan tenaga yang ada seperti Satpam Masjid dan petugas kebersihan dan Satpol PP untuk pemandu disabilitas kategori tuna netra. Sementara untuk tuna tunggu akan disiapkan pemandu khusus.

"Kedepan akan kami sediakan pemandu khusus sesuai kategori disabilitas, sebab masing-masing mereka berbeda perlakuannya," katanya.

Dilanjutkan Jumadi, pihaknya bersama Dinas Sosial dan Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Kota Padang akan membicarakan kebutuhan pemandu di Masjid Raya Sumbar .

"Kami akan bicarakan secara internal terkait pemandu ini," tukasnya.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit menegaskan, pemandu menjadi tanggung jawab Biro Bina Mental dan Dinas Sosial menyiapkan pemandu agar disabilitas bisa masuk ke Masjid.

"Nanti, Pol PP dan Satpam akan dilatih menjadi pemandu," ujarnya. (*)

Baca Juga
Video

Kakek yang Viral Beli Obat dengan Uang Mainan Akan Segera Umrah

YouTube channel KlikPositif.com

Penulis: Joni Abdul Kasir