Apresiasi Pemprov Sumbar, PPDI Padang: Pemandu Disabilitas Harus Ramah

Disabilitas di Masjid Raya Sumbar
Disabilitas di Masjid Raya Sumbar (Boboy (penyandang disabilitas) for KLIKPOSITIF )

PADANG, KLIKPOSITIF - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov) melalui pengurus Masjid Raya Sumbar menyediakan pemandu disabilitas untuk bisa mengakses Masjid. Pemandu akan diberdayakan personil dari Satpol PP, Satpam dan petugas kebersihan.

Ketua Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Kota Padang Icun Suheldi menyambut baik dan mengapresiasi gebrakan Pemprov Sumbar tersebut. Menurutnya, tidak jadi persoalan pemandu dari unsur Pol PP, Satpam dan petugas kebersihan, namun harus diberi pelatihan bagaimana memandu disabilitas.

"Tidak masalah, dan tidak perlu pemandu profesional. Tapi mereka harus diberikan pelatihan, minimal mereka paham kontak interaksi dengan tuna tunggu dan tuna netra dan disabilitas lainnya," jelasnya kepada KLIKPOSITIF , Kamis, 22 Agustus 2019.

Baca Juga

Dia menilai, pemandu disabilitas akan sangat membantu disabilitas di Masjid Raya Sumbar. Apalagi keperluan disabilitas cukup banyak dalam beribadah, mulai dari wuduk hingga sampai ke lokasi shalat.

"Kalau pemandu ada, kan bisa dibantu sampai ke tempat shalat. Pemandu harus ramah sehingga Masjid Raya Sumbar menyenangkan bagi disabilitas," ujarnya.

Icun juga mengapresiasi penambahan penambahan empat kursi roda pada ikon wisata religi di Sumbar tersebut. Namun yang paling penting baginya adalah menyiapkan tempat mencuci kursi roda, sebab tidak semua disabilitas bisa atau cocok dengan kursi roda yang disediakan pengurus.

"Bagus, ada penambahan kursi. Terpenting itu tempat mencuci dan pengeringan, sebab tidak semua bisa pindah apalagi mereka yang punya riwayat pen besi di tubuhnya," jelasnya.

Dia berharap Masjid Raya Sumbar harus menjadi percontohan ramah disabilitas bagi fasilitas ibadah di Sumbar. Sehingga disabilitas tidak mendapatkan diskriminasi di rumah ibadah.

Untuk diketahui selain menyiapkan pemandu Pemprov Sumbar juga menambah empat kursi roda untuk disabilitas di Masjid Raya Sumbar. (*)

Baca Juga
Video

Kakek yang Viral Beli Obat dengan Uang Mainan Akan Segera Umrah

YouTube channel KlikPositif.com

Penulis: Joni Abdul Kasir