Persiapkan Diri Jadi Tuan Rumah Hari Nusantara 2019, Pariaman Berbenah

"Kota Pariaman akan melengkapi seluruh infrastruktur dan penunjang untuk kegiatan tersebut, mulai dari akomodasi, sarana dan prasarana serta faktor penunjang lainya."
Tinjauan Pemerintah Pusat, Survei Kesiapan Kota Pariaman sebagai Tuan Rumah Hari Nusantara. (Ist)

PARIAMAN, KLIKPOSITIF -- Kementerian Koordinator Maritim RI direncanakan datang ke Pariaman untuk meninjau lokasi Hari Nusantara yang direncanakan berlangsung di Kota Pariaman pada 13 Desember 2019.

Wali Kota Pariaman, Genius Umar, menjelaskan kunjungan itu dalam rangka survey lapangan persiapan Kota Pariaman menjadi Tuan Rumah Hari Nusantara Tingkat Nasional yang diperingati setiap tahunya melalui Keppres No.126/2001.

"Kota Pariaman siap untuk menggelar agenda Nasional ini, yang rencananya akan dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo. Dari hasil survei Pemerintah Pusat kemarin, menilai kesiapan Pariaman sebagai Tuan Rumah baru 85 persen," ungkap Genius, Jumat 23 Agustus 2019.

Lebih lanjut Genius menyebutkan, diselenggarakanya event skala Nasional dimana yang hadir merupakan utusan dari seluruh indonesia, maka imbasnya akan sangat besar untuk Kota Pariaman.

"Apalagi imbas untuk sektor wisata, kami sangat konsen untuk menggenjot menjadikan Kota Pariaman sebagai Destinasi Wisata tingkat nasional. Kesempatan ini harus diambil," kata Genius.

Dia mengutarakan, Kota Pariaman akan melengkapi seluruh infrastruktur dan penunjang untuk kegiatan tersebut, mulai dari akomodasi, sarana dan prasarana serta faktor penunjang lainya.

"Kami berharap, Menko Maritim dapat menyetujui Kota Pariaman sebagai Tuan Rumah acara Hari Nusantara ini, dan kami berencana akan memberikan kesan yang baik dan mendalam untuk suksesnya acara tersebut", tutupnya.

Sementara itu, Asisten Deputi Budaya, Seni dan Olahraga Bahari dari Kemenko Kemaritiman RI, mengatakan pada Awak Media, dari hasil kunjungan lapangan, telah 85 persen bahwa Kota Pariaman akan menjadi tuan rumah Hari Nusantara tingkat Nasional 2019, tinggal menunggu 15 persen lagi persetujuan dari Bapak Luhut Binsar Pandjaitan sebagai Menko Maritim RI, ujarnya.

"Setelah melihat dan mensurvey beberapa lokasi, kami berpendapat, Pantai Gandoriah sangat cocok untuk ... Baca halaman selanjutnya