BPBD Pasbar Ingatkan Masyarakat Terkait Hal Ini

"Hujan deras di sore hari dengan waktu lama beberapa hari ini sering mengguyur daerah Pasaman Barat. Sehingga diperkirakan akan terjadi banjir dan longsor"
Lokasi Banjir di Kecamatan Sungai Beremas Pasbar pada (21/8) lalu (Ist)

PASAMAN BARAT, KLIKPOSITIF -- Kepala Pelaksana Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), Tri Wahluyo mengimbau kepada masyarakat yang tinggal disekitar bantaran sungai dan pegunungan agar meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya bencana alam banjir dan longsor.

Himbauan tersebut disampaikannya mengingat dalam beberapa hari ini Pasaman Barat secara menyeluruh diguyur hujan dengan intensitas yang cukup tinggi.

"Hujan deras di sore hari dengan waktu lama beberapa hari ini sering mengguyur daerah Pasaman Barat. Sehingga diperkirakan akan terjadi banjir dan longsor," ungkapnya, Rabu (28/8).

Ada beberapa daerah yang rawan banjir, diantaranya Kecamatan Sungai Beremas, Kecamatan Koto Balingka, Kecamatan Ranah Batahan, Kecamatan Lembah Melintang dan Kecamatan Pasaman. Sedangkan untuk daerah dua rawan bencana banjir dan longsor, sering terjadi di daerah Kecamatan Gunung Tuleh dan Kecamatan Talamau.

"Untuk itu kita mengimbau agar masyarakat menghindari aktivitas yang berlebihan di sepanjang bantaran sungai, perbukitan dan pegunungan. Utamakan keselamatan dan kewaspadaan," imbaunya.

Berdasarkan perkiraan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) untuk tiga hari kedepan Pasaman Barat berpotensi hujan dan badai," terangnya. [Irfan Pasaribu]