Puluhan Item Peralatan Kebencanaan Pasbar Rusak, Sekda Berharap BPBD Aktif Cari Peluang

"Yudesri berharap agar BPBD kiranya aktif dalam mencari peluang untuk mendapatkan dana bantuan peralatan dari BNPB pusat atau BPBD Provinsi. Sebab rata-rata peralatan yang ada sekarang merupakan bantuan dari pemerintahan pusat"
Salah satu Kendaraan kebencanaan, Ford Rangger yang rusak dan sekarang berada di gudang BPBD Pasbar (Ist)

KLIKPOSITIF, PASAMAN BARAT -- Sekitar 38 item peralatan kebencanaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar)-Sumatera Barat, mengalami kerusakan didaerah itu.

Dari data yang diperoleh KLIKPOSITIF, jumlah peralatan yang rusak tersebut semua berada di bagian ketersediaan peralatan kebencanaan. Ada tertotal sekitar 137 item ketersedian peralatan kebencanaan BPBD Pasbar yang dibagi dalam empat bagian peralatan.

Keempat bagian ketersediaan peralatan kebencanaan itu diantaranya, pertama Peralatan Hunian sebanyak 17 item, kedua Peralatan Kendaraan sebanyak 24 item, ketiga Peralatan Komunikasi sebanyak 31 item dan keempat Peralatan alat pendukung lainnya sebanyak 65 item.

Sedangkan untuk yang rusak dari total 137 jumlah item tersebut, ada sekitar 38 item dengan rincian, pertama Peralatan Hunian sebanyak 5 item, yakni, Tenda Keluarga Orange 1 unit, Tenda Keluarga Biru (keong) 1 unit, Tenda Pleton 1 unit dan Tenda Velbet 2 unit.

Kedua Peralatan Kendaraan sebanyak 9 item yakni Mobil Ford Rangger 1 unit, Mobil Panther Pick Up 1 unit, Sepeda Motor KLX 2 unit, Perahu karet 2 unit, Mesin perahu 2 unit dan Kapal cepat evakuasi (spead bot) 1 unit.

Kemudian, ketiga Peralatan alat komunikasi sebanyak 14 item yakni Radio SSB 11 unit, Radio Rit 2 unit dan GPS 1 unit. Keempat, Peralatan alat pendukung lainnya sebanyak 10 item yakni, Chinsaw 4 unit, Emergency Light 1 unit, Camera Sonny 1 unit, Handicam 1 unit, Genset 2 unit dan Water Treatment Fortable 1 unit.

Hal itu dibenarkan oleh Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Pasbar, Decky H Sahputra. "Benar, ada sekitar 38 item dari 137 item peralatan kebencanaan BPBD yang rusak. Semua peralatan itu berada dibidang saya," katanya kepada KLIKPOSITIF, Minggu (8/9).

Namun sejak dirinya membidangi kedaruratan dan logistik BPBD Pasbar sejak Maret 2019 lalu, sekitar 38 item sudah didapat dalam keadaan rusak, baik dalam keadaan rusak ringan ... Baca halaman selanjutnya