Berikut Tujuh Lurah yang Bersaing Dalam Lomba Lurah Tingkat Kota Payakumbuh

"Jadi peserta yang ikut hari ini merupakan perwakilan masing-masing kecamatan dan merupakan hasil seleksi"
Lomba lurah tingkat Kota Payakumbuh 2019. (Ist)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Sebanyak tujuh lurah terbaik di Kota Payakumbuh melakukan ekspose kelurahan dalam pada lomba kompetensi lurah tingkat Kota Payakumbuh tahun 2019 di Aula Ngalau Indah Lantai 3 Balai Kota Payakumbuh, Selasa (10/9).

Ketujuh lurah tersebut adalah Lurah Parik Rantang Finto Handayani Putra, Lurah Tanjunggodang Sungai Pinago Seprianis, Lurah Balai Tongah Koto Nurven Yunita, Lurah Kotokociak Kubu Tapakrajo Zubirwan, Lurah Sawahpadang Aua Kuniang Novri, Lurah Padang Alai Bodi, Donna Tiara Ayu, dan terakhir Lurah Padang Sikabu Sasra Hadi.

Asisten I Setdako Payakumbuh Yoherman menyampaikan, lomba kompetensi lurah tersebut dilaksanakan secara berjenjang, mulai dari tingkat kecamatan, kota, dan drovinsi.

"Jadi peserta yang ikut hari ini merupakan perwakilan masing-masing kecamatan dan merupakan hasil seleksi," katanya.

Yoherman mengatakan, tujuan dilaksanakannya kompetensi lurah adalah untuk meningkatkan kreatifitas, inovasi, dan motivasi kepala kelurahan dalam pelaksanaan program pemerintahan, pembangunan, dan Kemasyarakatan.

"Lomba kompetensi lurah tingkat kota ini penilaiannya meliputi empat bidang, yaitu bidang penyelenggaraan pemerintahan, bidang pelaksanaan pembangunan, bidang pembinaan kemasyarakatan, dan bidang pemberdayaan masyarakat," lanjut Yoherman.

Pada saat ini, penguatan pemerintahan tingkat kelurahan menjadi fokus perhatian pemerintah, ada dua fokus utama yang perlu ditingkatkan, yaitu pengembangan sumber daya aparatur dan penguatan pendanaan.

Yoherman berharap kegiatan ini tidak hanya menjadi agenda rutin Pemko Payakumbuh setiap tahunnya tapi juga menjadi ajang untuk menilai kinerja masing-masing lurah.

"Ajang ini juga untuk menambah ilmu guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat," pungkasnya. (*)