Bawa Kendaraan, 337 Anak di Bawah Umur Terjaring Operasi Patuh 2019 di Padang

"Selama Operasi Patuh 2019, Polresta Padang mengeluarkan surat tilang sebanyak 3.111 lembar"
Operasi Patuh 2019 di Padang (KLIKPOSITIF/Halbert Caniago)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Kepolisian Resor Kota Padang menilang sebanyak 3.111 pengendara selama operasi patuh Singgalang 2019 sejak dua pekan yang lalu.

Kasat Lantas Polresta Padang, Kompol Asril Prasetya saat diwawancarai klikpositif.com, Rabu 11 September 2019 mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan penindakan penilangan terhadap pengendara yang melanggar.

"Kami melakukan penindakan terhadap tujuh pelanggaran yang dilakukan oleh pengendara," katanya.

Untuk pelanggaran yang ditindak pihaknya fokus kepada pengendara roda dua yang tidak menggunakan helm, Drink Driving, Seat Belt, melebihi kecepatan, pengendara di bawah umur, menggunakan handphone saat berkendara, melawan arus dan berbonceng lebih dari satu untuk pengendara roda dua.

"Untuk pelanggaran terbanyak yang kami tindak adalah pengendara roda dua yang tidak menggunakan helm," lanjutnya.

Menurutnya, untuk pengendara yang tidak menggunakan helm ditindak sebanyak 1.153 orang. Untuk pengendara yang tidak menggunakan seat belt sebanyak 271 orang.

Sementara untuk pengendara di bawah umur yang ditindak sebanyak 337 orang, menggunakan handhpone saat mengemudi yang ditindak sebanyak dua orang, melawan arus sebanyak 356 orang dan pelanggaran lain-lain sebanyak 992 orang.

"Ada beberapa pelanggaran yang tidak ada dilakukan oleh masyarakat Padang seperti melebihi kecepatan, Driving Drink dan berboncengan lebih dari satu," lanjutnya.

Ia mengatakan, untuk barang bukti yang disita oleh pihak kepolisian terbanyak adalah Surat Izin Mengemudi (SIM).

"Barang bukti yang kami amankan untuk SIM sebanyak 1.731 lembar, STNK sebanyak 1.183 lembar dan sepeda motor sebanyak 197 unit," tutupnya.

Ia mengatakan, hari ini merupakan hari terakhir operasi patuh, meskipun begitu, ia berharap masyarakat Kota Padang tetap mematuhi aturan yang berlaku.

[Halbert Caniago]