BPBD Ikut Pantau Kualitas Udara di Limapuluh Kota yang Mulai Memburuk

"Hasil pantauan anggota TRC BPBD Limapuluh Kota, kabut asap memang agak pekat pada pagi hari"
Salah satu titik pembagian masker gratis yang dilakukan perangkat kecamatan di Pangkalan Koto Baru, Limapuluh Kota (KLIKPOSITIF/Ade Suhendra)

LIMAPULUH KOTA, KLIKPOSITIF -- Kualitas udara di Limapuluh Kota - Sumbar beberapa hari belakangan mulai memburuk. Pasalnya, kabut asap kiriman provinsi tetangga mulai masuk Sumbar, tak terkecuali di kawasan Limapuluh Kota, yang langsung berbatasan dengan Riau.

Melihat kondisi tersebut, Kalaksa BPBD Limapuluh Kota Joni Amir mengingatkan warga untuk menggunakan masker, khususnya saat berada di luar rumah. Kemudian ia juga mengimbau dan mengajak warga untuk mengurangi kegiatan di luar rumah.

"Memang ada imbauan dan saat ini sedang ditandatangani Sekda. Surat tersebut untuk imbauan kepada masyarakat, camat, dan wali nagari untuk melihat kondisi kabut asap. Kemudian juga imbauan untuk menghindari pembakaran di lingkungan kita masing-masing serta jangan keluar rumah bagi yang tidak penting dan kalau pun harus keluar rumah pakai masker supaya asap tidak langsung dihirup," kata Joni Amir, Jumat 13 September 2019.

Ia menambahkan untuk adanya posko darurat atau pembagian masker, akan terlebih dahulu melihat kondisi kabut asap pada Sabtu ini, sehingga ia bersama TRC BPBD dapat menyusun langkah selanjutnya guna mengantisipasi kabut asap kiriman tersebut demi kesehatan warga di Limapuluh Kota.

"Untuk posko BPBD sepertinya belum. Tapi kondisi kabut asap akan kita pantau terus satu atau dua hari ke depan. Kalau semakin buruk maka tidak tutup kemungkinan akan ada Posko BPBD Limapuluh Kota untuk pusat layanan informasi dan kesehatan," katanya.

Menurutnya, Tim Pusdalop dan TRC BPBD akan kembali melakukan pengecekan ke lapangan melihat kondisi kualitas udara. Namun kalau untuk menggunakan peralatan pengukuran kualitas udara kemungkinan dilakukan oleh pihak provinsi yang berkoordinasi dengan DLH setempat.

"Hasil pantauan anggota TRC BPBD Limapuluh Kota tadi, kabut asap memang agak pekat pada pagi hari. Akan tetapi pada siang hari mulai agak berkurang dan beberapa dinas terkait seperti BPBD, Dinkes, dan perangkat nagari ... Baca halaman selanjutnya