Jokowi Tegaskan Pemerintah Lakukan Segala Upaya Padamkan Karhutla di Riau

Presiden Jokowi meninjau proses persiapan penaburan garam sebelum meninjau lokasi karhutla, di Kab. Pelalawan, Riau, Selasa (17/9) pagi.
Presiden Jokowi meninjau proses persiapan penaburan garam sebelum meninjau lokasi karhutla, di Kab. Pelalawan, Riau, Selasa (17/9) pagi. (Setkab)

KLIKPOSITIF -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan, segala upaya sudah dilakukan pemerintah untuk memadamkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Provinsi Riau.

"Yang di darat sudah semuanya, semprot di darat sudah, tambahan pasukan sudah diperintahkan juga hari Sabtu, datang. Kemarin datang, (total) 5.600 sudah," kata Jokowi saat menjawab wartawan sebelum take off dengan pesawat herkules untuk meninjau lokasi karhutla di Kabupaten Pelalawan, Selasa (17/9) pagi.

baca juga: Sulit Hidup Berdamai dengan Corona, Lebih Jahat dari Terorisme

Ia menambahkan, yang kedua, doa juga sudah kita panjatkan. Keridaan-Nya juga sudah kita lakukan tadi salat, tadi malam juga, tadi juga Salat Istisqa (salat meminta hujan).

Kemudian, lanjut Presiden, dirinya juga mau berangkat untuk ikut melakukan hujan buatan. Meskipun hari Jumat lalu juga sudah diperintahkannya, dan sudah diterbangkan.

baca juga: Tiga Herbal yang Berpotensi Tangkal Corona

“Alhamdulillah saat itu di Indragiri Hilir juga hujan turun. Nah ini sekarang kita lakukan lagi menabur garam. Moga-moga, karena awannya ada kita berdoa semoga nanti juga jadi hujan, insyaallah di hari ini,” ucap Presiden. (*)

Penulis: Eko Fajri