Refleksi 10 Tahun Gempa Sumbar, Komitmen Bersama Menuju Sumbar Tangguh Bencana

"Dengan kesiapsiagaan terhadap bencana yang terbangun mulai dari tingkat keluarga, diharapkan tangguh bencana yang dicanangkan dapat benar-benar terwujudkan. Masyarakat menjadi lebih siap, tangguh, serta tanggap ketika bencana terjadi"
Teatrikal gempa saat malam renungan refleksi gempa sumbar (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) telah mencanangkan Sumbar Tangguh Bencana. Pencanangan tersebut dilakukan pada 30 September 2019, saat kegiatan refleksi 10 tahun gempa 2009, dilaksanakan di Hotel Grand Inna Padang.

Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit mengatakan, refleksi 10 tahun gempa Sumbar 2009 dapat disertai dengan komitmen bersama menuju Sumbar Tangguh Bencana. Pembenahan dan penguatan mitigasi bencana mulai dari tingkat provinsi, kabupaten/kota, hingga ke tingkat nagari/desa sampai ke masyarakat, menjadikan kesiapsiagaan bencana di Sumbar semakin meningkat.

"Dengan kesiapsiagaan terhadap bencana yang terbangun mulai dari tingkat keluarga, diharapkan tangguh bencana yang dicanangkan dapat benar-benar terwujudkan. Masyarakat menjadi lebih siap, tangguh, serta tanggap ketika bencana terjadi," sebutnya, Senin(30/9) malam.

Ia mengatakan, kondisi Sumbar yang berada di daerah rawan bencana, menuntut seluruh masyarakat selalu siap dan siaga untuk menghadapi bencana. Dengan meningkatkan mitigasi atau pencegahan dan kesiapan bencana, akan berdampak dalam meminilimasir kerusakan dan korban jiwa.

"Selama 10 tahun ini pembenahan, dan perbaikan dalam mengurangi resiko bencana di Sumbar terus dilakukan secara terkoordinir dan terpadu. Dengan pencanangan Sumbar Tangguh Bencana diharapkan berdampak ... Baca halaman selanjutnya