Ini Alasan Penundaan Pelantikan Presiden Jokowi

"Bamsoet memastikan pengunduran waktu tidak berhubungan dengan alasan keamanan."
Presiden Joko Widodo memberikan keterangan pers soal situasi terkini di Wamena, Papua, Senin (30/9). (setkab.go.id)

KLIKPOSITIF -- Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Bambang Soesatyo, memastikan pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih, Jokowi-Maruf Amin akan ditunda, semula direncanakan pagi menjadi sore hari, pada Minggu (20/10)/2019).

"Alasan pengunduran waktu pelantikan menjadi sore ialah karena ingin memberikan kesempatan pada umat beragama untuk menjalankan rutinitas ibadahnya pada Minggu pagi," ujarnya seperti dinukil dari suara. com (jaringan KLIKPOSITIF.com).

Selain itu, sebut Bamsoet, juga untuk memberikan kesempatan warga untuk berolahraga saat gelaran car free day di jalan protokol Sudirman-Thamrin.

Bamsoet memastikan pengunduran waktu hanya berdasarkan dua alasan tersebut. Mengenai masalah keamanan apakah ikut menjadi salah satu alasannya, ia membantah.

BACA JUGA: Andre: Gerindra Berhak dan Pantas Jadi Ketua MPR

“Nggak ada, nggak ada. Alasan keamanan adalah tentu tugas daripada pihak keamanan. Intinya saya yakin dan percaya para mahasiswa dan pengujuk rasa lebih mengedepankan kepentingan yang lain. Karena ini menyangkut nama negara, kebesaran image bangsa kita, maka kekhawatiran akan demo menurut saya itu adalah kesadaran bersama, kita akan menjaganya,” tutur Bamsoet.

Rencana pengunduran waktu itu, sebut Bamsoet, akan dibawa dalam rapat pimpinan pada hari ini untuk dilakukan pembahasan lebih lanjut.

“Ya jadi ini kita mau pastikan dalam rapat ini kemarin protokol istana dan MPR sudah melakukan koordinasi teknis daripada waktu penyelenggaraan,” kata Bamsoet di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta. (*)