Biaya Pemulangan Korban Kerusuhan Wamena Baru Mencapai Rp1,9 Miliar

"Saat ni telah terkumpul secara keseluruhan Rp3,6 miliar donasi untuk korban kerusuhan di Wamena Papua dari rekening Sumbar Peduli Sesama"
Korban kerusuhan Wamena (Istimewa )

PADANG, KLIKPOSITIF - Kepala Biro Bina Mental dan Kesra Sumatera Barat Syaifullah menyebutkan, saat ini telah terkumpul secara keseluruhan Rp3,6 miliar donasi untuk korban kerusuhan di Wamena Papua dari rekening Sumbar Peduli Sesama.

Dari jumlah tersebut, Rp1,9 miliar telah digunakan untuk ongkos pemulangan perantau dan uang saku yang diberikan saat sampai di Bandara Internasional Minangkabau (BIM).

"Secara keseluruhan Rp1,3 miliar untuk tiket pesawat, dan Rp500 juta untuk uang saku. Jadi masih tersisa Rp1,9 miliar lagi," jelasnya, Rabu, 9 Oktober 2019.

Sementara itu, informasi dari Biro Kerjasama Pembangunan dan Rantau Sumbar, hari ini dipulangkan lagi 106 orang perantau Minang dari Wamena dengan dua maskapai.

Kedatangan pertama dengan pesawat garuda, sampai di padang sekitar pukul 18.00 WIB, sebanyak 79 orang. Sedangkan kedatangan kedua dengan pesawat lion, diperkirakan sampai di Padang pukul 21.30 WIB, sebanyak 27 orang.

Sebelumnya diberitakan sebanyak 596 perantau Minang telah sampai di kampung halaman mereka masing-masing.

Gelombang pemulangan ini dimulai sejak pekan lalu. Pemulangan perantau Minang dari Wamena ini difasilitasi oleh Pemprov Sumbar, ACT dan berbagai organisasi lainnya. (*)