Gubernur Sumbar: Pemuda Jangan Serba Instan dan Cenderung Idividualistik

"Generasi muda saat ini berpola pikir serba cepat, serba instan, lintas batas, cenderung individualistik. Hal itu dampak kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta kemudahan akses media sosial"
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno (Istimewa )

PADANG, KLIKPOSITIF - Peringati hari sumpah pemuda 28 Oktober, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno menyebutkan, pemuda generasi terdahulu mampu keluar dari jebakan sikap-sikap primordial suku, agama, ras dan kultur, menuju persatuan dan kesatuan bangsa.

"Maka tugas pemuda saat ini adalah harus sanggup membuka pandangan ke luar batas-batas tembok kekinian dunia, demi menyongsong masa depan dunia yang lebih baik," ujarnya, Senin, 28 Oktober 2019.

Menurutnya, generasi muda saat ini berpola pikir serba cepat, serba instan, lintas batas, cenderung individualistik. Hal itu dampak kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta kemudahan akses media sosial.

"Perkembangan teknologi ibarat dua mata pisau, positif dan negatif. Maka pemuda harus bijak memanfaatkan teknologi," sebut Irwan.

Dilanjutkannya, perkembangan teknologi mempunyai dampak negatif, informasi-informasi yang bersifat destruktif mulai dari ponografi, narkoba, pergaulan bebas hingga radikalisme dan terorisme juga masuk dengan mudah.

"Pemuda untuk Indonesia maju adalah pemuda yang memiliki karakter, kapasitas, kemampuan inovasi, kreativitas yang tinggi, mandiri, inspiratif serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan dunia," ucapnya.

Pemuda Indonesia katanya, harus terus mengembangkan diri sesuai dengan perkembangan zaman. Miliki daya pikir maju untuk menaklukkan dunia.

"Kami berharap lahir pemuda mampu menaklukkan dunia yang dibekali ilmu pengalaman dan teknologi," tukasnya. (*)