Miliki Belasan Paket Ganja Kering, Satres Narkoba Polres Pasbar Ringkus Dua Warga Sumut

"pengakuan kedua pelaku barang haram tersebut mereka ambil di Pasar Maga, Kabupaten Mandailing Natal (Madina) Provinsi Sumatera Utara dan akan diedarkan di Kabupaten Pasbar, Agam dan Pariaman"
Kapolres Pasbar, AKBP Fery Herlambang saat menunjukkan barang bukti (KLIKPOSITIF/ Irfan Pasaribu)

PASAMAN BARAT, KLIKPOSITIF -- Sebanyak 17 paket besar ganja kering berhasil diamankan Satres Narkoba Polres Pasaman Barat dari tangan dua orang warga Kabupaten Madina-Sumut di Kecamatan Koto Balingka, Pasaman Barat.

"Dua orang warga Kabupaten Madina itu berinisial B (32) dan S (24) mereka diciduk ketika hendak melintas di Simpang Air Balam sekira pukul 01.30 WIB pada Selasa (5/11) dini hari," sebut Kapolres Pasaman Barat, AKBP Fery Herlambang saat jumpa pers di Aula Mako Polres setempat, Selasa (5/11).

Dari tangan pelaku petugas mengamankan barang bukti berupa 17 paket besar daun ganja kering siap edar, 1 unit mobil Merk Toyota Kiijang Inova dengan Nopol BK 1381 AAF, 1 unit handphone android dan 1 unit handphone merk maxis.

Kata Fery, dari hasil pengakuan kedua pelaku barang haram tersebut mereka ambil di Pasar Maga, Kabupaten Mandailing Natal (Madina) Provinsi Sumatera Utara dan akan diedarkan di Kabupaten Pasbar, Agam dan Pariaman," katanya.

Ia menjelaskan, penangkapan itu bermula saat pihaknya mendapatkan informasi dari masyarakat, bahwa akan ada melintas sebuah mobil yang membawa narkoba jenis ganja dalam jumlah besar dari Kabupaten Madina-Sumut.

Kemudian petugas melakukan pengintaian di Simpang Air Balam dan sekira pukul 01.30 WIB dilakukan pencegatan dan penggeledahan atas mobil merk Toyota Kijang Inova yang dicurigai tersebut.

Maka petugas menemukan sebanyak 17 paket besar ganja kering yang dimuat dalam karung pupuk. "Saat ini kedua pelaku telah kita amankan di Mako Polres Pasaman Barat guna dilakukan penyidikan lebih lanjut," jelasnya.

Akibat perbuatan nya kedua pelaku terancam pasal 114 ayat (2), Jo pasal 115 ayat (2), Jo pasal 111 ayat (2), dan pasal 132 ayat (1) Undang-Undang Negara RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman kurungan seumur hidup dan minimal 5 Tahun penjara. [Irfan Pasaribu]