Polisi Kehutanan Temukan Kayu Siap Olah di Kawasan Gunung Talamau Pasbar

"Kayu itu ditemukan dengan jarak sekitar 15 kilometer dari pemukiman masyarakat"
Penemuan kayu siap olah di lokasi di Bukik Harimau Campo di Kawasan Hutan Lindung Gunung Talamau-Pasaman Barat (Istimewa)

PASAMAN BARAT, KLIKPOSITIF -- Polisi Kehutanan Provinsi Sumbar Wilayah Pasaman Raya temukan jenis kayu banio yang siap olah di Gunung Talamau dengan jarak sekitar 15 kilometer dari pemukiman masyarakat.

"Kayu banio siap olah itu kita temukan di Bukik Harimau Campo, suatu bukit yang namanya di area kawasan hutan lindung Gunung Talamau," sebut Petugas Polisi Kehutanan Pasaman Raya, Afrizal, Selasa (5/11/2019).

Diprediksi, harga kayu tersebut sampai ratusan juta rupiah. Kayu siap olah tersebut akan digunakan oleh oknum untuk berbagai keperluan. Biasanya di antar ke tempat pembelahan kayu (sawmill).

"Kami akan selidiki lebih lanjut, rencananya Polisi Hutan dari Provinsi akan turun ke lokasi dan akan berkoordinasi dengan Polres Pasbar," ungkapnya.

Ia menjelaskan, total hutan lindung di Pasbar mencapai 30.000 hektare. "Jika hutan ini terus digarap maka akan mengakibatkan berbagai dampak bagi masyarakat seperti banjir, longsor yang pasti berdampak bagi kita semua," jelasnya.

Menurutnya, ada beberapa kawasan hutan lindung yang saat ini rentan dengan illegal logging seperti di kawasan Talamau, Paraman, dan Aia Bangih. Pihaknya meminta agar warga yang berada di wilayah itu memantau kondisi hutan lindung tersebut.

"Jika ada yang mencurigakan segera laporkan kepada pihak yang berwenang. Sebab, jika ini terus berlanjut akan menghabiskan hutan dan sumber sumber penyimpanan air," paparnya.

Disamping itu Afrizal menerangkan, masyarakat yang memiliki kayu yang hasil tanaman dari tanahnya sendiri seperti jenis kayu Surian, Mahoni dan Jati untuk dibawa keluar, harap bisa mencantumkan surat tanah atau surat pernyataan bahwa kayu tersebut milik mereka.

Sementara Kapolres Pasaman Barat AKBP Fery Herlambang menegaskan pihaknya akan menindak tegas jika ditemukan pelaku illegal logging di wilayah hukum Polres Pasaman Barat.

"InshaAllah kita akan melakukan penegakan hukim Illegal Logging dan ... Baca halaman selanjutnya