Keluarga Besar Sumando Minang di Aceh Akan Dirikan Organisasi

"Organisasi yang didirikan diharapkan dapat menjadi sarana untuk saling membantu, bertukar informasi tentang kampung halaman, dan tentunya sebagai ajang silaturrahmi."
Pada saat silaturahmi di Rumah dinas KAJATI Aceh. Dari kiri ke kanan Eka Rahma Daniati, T.Jefri Rosiadi, Ediwardo Ritonga, Brigjen Pol.Drs.Faisal AN, MH, Irdam Koto, Durain P Siregar, dan Afrinal Piliang. (dok.Ediwardo Ritonga)

KLIKPOSITIF -- Keluarga besar Sumando (pria yang memperistri perempuan asal Minang) di Aceh berencana akan mendirikan sebuah organisasi.

Hal ini disampaikan Ediwardo Ritonga, penggagas perkumpulan organisasi tersebut, yang beristrikan Suhartini Koto, berasal dari Sunur, Kurai Taji, Pariaman.

"Pertemuan awal pembentukan organisasi ini telah dilakukan pada 7 September 2019," ujarnya pada KLIKPOSITIF.

Ia mengatakan pertemuan tersebut dilakukan di Rumah Dinas Kajati Aceh Taman Sari, Kota Banda Aceh. Hadir dalam pertemuan itu sumando Minang dan keluarga besar Minang seperti Afrinal Piliang (Kepala Cabang Surveyor Indonesia Cabang Aceh), Durain P Siregar (GM BUMN Solusi Bangun Andalas), Kajati Aceh Irdam Koto, dan lainnya.

Ediwardo Ritonga mengatakan sumando Minang yang ada di Aceh berjumlah sekira 100 orang. Mereka kebanyakan pekerja kantor di BUMN, pegawai negeri, kepolisian, TNI, dan bekerja di perkebunan.

Organisasi yang didirikan diharapkan dapat menjadi sarana untuk saling membantu, bertukar informasi tentang kampung halaman, dan tentunya sebagai ajang silaturrahmi.

Ia mengatakan rencana pembentukan organisasi ini disambut baik oleh sumando-sumnado yang lainnya. Kajati Aceh, Irdam Koto, mengatakan, organisasi yang akan dibentuk berguna untuk menggalang kekeluargaan sehingga tidak lupa pada kampung halaman.

 Kepala BNN Aceh, Brigadir Jenderal Polisi Faisal Abdul Naser, ... Baca halaman selanjutnya