Jelang TdS di Pessel, Pol PP Pessel Lakukan Penyisiran Hewan Ternak di Lintasan

Pol PP Pessel mengamankan hewan ternak di lintasan balapan TdS
Pol PP Pessel mengamankan hewan ternak di lintasan balapan TdS (ist)

PESSEL , KLIKPOSITIF -- Dinas Polisi Pamong Praja (Pol PP)-Damkar Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat menyisiri sejumlah hewan ternak dan perliharaan warga yang masih berkeliaran di sepanjang jalur Tour de Singkarak (TdS) 2019.  Kadispol PP-Damkar Pesisir Selatan, Dailipal menegaskan, penyisiran dilakukan guna mensterilkan sejumlah kemungkinan yang bakal terjadi akibat masih berkeliaran hewan ternak.

Dia mengatakan selain dapat mengganggu kelancaran jalan raya, hal itu juga dikhawatirkan akan mengancam keselamatan pembalap. "Penyisiran ini sudah kami lakukan sejak 6 November lalu, bahkan juga ada penertiban. Dan sekarang masih terus berjalan guna memastikan warga untuk tidak melepas lagi hewan ternak dan peliharaannya sampai TdS usai," ungkapnya kepada KLIKPOSITIF , Jumat, 8 November 2019.

baca juga: Satu Pasien COVID-19 Asal Pessel Dinyatakan Sembuh

baca juga: Kereta Api Sibinuang Tabrak Mobil Avanza di Pariaman

Ia menjelaskan, sejumlah hewan ternak dan peliharaan yang acapkali ditemui adalah sapi, kambing, anjing bahkan juga ada kerbau. Keberadaan tidak hanya sekedar melintasi ruas jalan, tapi juga mencari makan.

baca juga: Satgas BUMN Salurkan Bantuan Penanganan COVID di Pessel

"Bagi pemilik yang kami temui mengikat sapi atau kambing di pinggir jalan. Itu kami minta untuk menjauhnya. Karena, khawatir kalau tidak ditegur nanti saat TdS masih ada," ujarnya.

Ia menegaskan, terkait hewan ternak yang mengganggu ketentraman dan ketertiban umum, itu sudah ada Perdanya di daerah tersebut. Namun, hanya saja masyarakat masih banyak yang tidak menghiraukan hingga butuh penertiban.

baca juga: Jelang Lebaran, Ribuan Anak Yatim dan Piatu di Pessel Dapat Santunan dari Baznas

"Ketentuan sesuai Perda 01 tahun 2016 tentang Trantibum pasal 41 tentang penertiban ternak. Di mana penertiban sapi sudah lama kami sosialisasikan. Tapi masih saja dilepas berkeliaran," ujarnya.

Dailipal mengingatkan warga untuk tidak melepas hewan ternaknya saat TdS berlangsung, jika terjadi maka pemilik ternak akan dicari dan disanksi sesuai aturan yang berlaku. "Jika ada ditemui kelalaian pemilik ternak akan dicari, diberi sanksi aturan yang ada," tutupnya.

baca juga: Audy Joinaldi Berikan 300 Takjil untuk Pengendara dan Warga di Pessel

Sesuai jadwal etape 8 dilaksanakan Sabtu 9 November, akan dilalui mulai dari batas Pesisir Selatan- Kerinci di Sako Kecamatan Ranah Ampek Hulu Tapan-Indrapura-Air Haji-Balaisalasa- Kambang-Surantih-Pasar Kuok Batangkapas dan Kota Painan.

Sedangkan jadwal etape 9 dilaksanakan Minggu 10 November, akan dilalui mulai dari Pantai Carocok Painan- Kawasan Mandeh dan Padang.

Kiki Julnasri

Penulis: Ramadhani