Roehana Koedoes Jadi Pahlawan Nasional, DPRD: Ini Apresiasi Kepada Bundo Kanduang

PADANG, KLIKPOSITIF - Penetapan Roehana Koedoes sebagai pahlawan nasional disambut baik semua pihak, termasuk kaum perempuan dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatera Barat.

Anggota DPRD Sumatera Barat Sitti Izzati Azis mengatakan penetapan Rohana Kudus sebagai pahlawan nasional merupakan hal yang sangat dibanggakan dan patut diapresiasi oleh masyarakat Sumbar. "Ini hasil perjuangan panjang yang patut kita banggakan. Perjuangan itu berbuah manis hari ini. Saya juga pernah memperjuangkan ini dulunya di masa pertama menjadi anggota dewan pada 2010. Melihat hasil hari ini kita bersyukur dan bangga dengan apa yang telah diperjuangkan selama ini," katanya saat dihubungi, Jumat, 8 November 2019.

baca juga: Melihat Tanah Kelahiran Pahlawan Nasional Mohammad Yamin di Talawi Sawahlunto

Ia mengatakan ini adalah apresiasi bagi salah satu Bundo Kanduang Minangkabau. "Ini apresiasi kepada salah satu Bundo Kanduang Minangkabau yang ditetapkan sebagai pahlawan nasional . Rohana Kudus bisa sebagai role model bagi 'Padusi Minang' dalam berkarya," tuturnya.

Dengan penetapan ini, banyak nilai-nilai dari perjuangan Roehana Koedoes yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan. "Misalnya bagaimana perjuangan hidup di masa penjajahan tetap bisa memberikan kontribusi di tengah-tengah masyarakat," jelasnya.

baca juga: Monumen Pahlawan Nasional Fatmawati Diresmikan, DPD RI Puji Presiden Jokowi

Menurutnya lahirnya Roehana Koedoes adalah motivator bagi perempuan Minangkabau dalam kehidupan. "Kita harus mencontoh kepada Beliau. Jika dikaitkan dengan hari ini maka perempuan Minang hari ini harus telaten dan mampu dalam segala hal, baik mengurus keluarga atau dalam kegiatan lainnya," jelasnya.

"Perempuan yang menjadi pengusaha dan juga berpolitik hari ini harus bisa menyeimbangkan dengan peran sebagai ibu di rumah tangga sehingga tak ada tettinggal. Jadikanlah Rohana Kudus sebagai Role model dalam kehidupan kita," tuturnya.

baca juga: Rohana Kudus, Jurnalis Perempuan Pertama Ditetapkan Sebagai Pahlawan Nasional

Seperti diketahui, Roehana Koedoes ditetapkan sebagai pahlwan nasional. Penobatan wartawan perempuan pertama ini sebagai pahlawan nasional , akan dilakukan dalam acara Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional di Istana Negara 8 November 2019 oleh Presiden RI Joko Widodo. (*)

Penulis: Fitria Marlina