Maju Kembali di Pilkada Pasbar, Bupati Yulianto Mendaftar ke Partai Gerindra

Bupati Yulianto saat menerima formulir pendaftaran dari Ketua DPRD Pasbar, Parizal Hafni (Fraksi Partai Gerindra) di kantor DPC Partai Gerindra Pasbar
Bupati Yulianto saat menerima formulir pendaftaran dari Ketua DPRD Pasbar, Parizal Hafni (Fraksi Partai Gerindra) di kantor DPC Partai Gerindra Pasbar (Istimewa)

PASAMAN BARAT, KLIKPOSITIF -- Bupati Pasaman Barat Yulianto mendaftarkan dirinya ke Partai Gerindra untuk maju sebagai bakal calon Bupati dan Wakil Bupati dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Pasaman Barat 2020.

"Pansel tadi telah memberikan dokumen-dokumen agar Bupati Yulianto mempersiapkan, selanjutnya kita akan menunggu formulir tersebut diserahkan kembali kepada partai,” ujar Koordinator Penjaringan Balon Kepala Daerah Dapil Empat Pasaman dan Pasaman Barat (Pasbar) Partai Gerindra, Khairuddin Simanjuntak, Jumat (8/11).

Baca juga : Pilkada Pasbar, Sudah 11 Bakal Calon yang Mendaftar ke Partai Gerindra

Baca Juga

Ia menjelaskan, pendaftaran gratis dan terbuka untuk umum. Bakal calon dilayani semuanya, bahkan non kader diperlakukan sama dengan kader.

"Selain itu, kami siap mewadahi calon dari luar partai, yang penting sesuai mekanisme dan mendapat persetujuan dari DPP Partai Gerindra. Siapa pun dia yang disetujui, itu lah yang akan didukung oleh Partai Gerindra secara menyeluruhan," jelasnya.

Hingga saat ini sudah ada 14 nama kandidat balon yang mendaftar dari non kader dan kader. Sedangkan dari non kader ada 7 kandidat diantaranya, Syahnan, Hermanto, Yulisman, Hamsuardi, Yulianto, Syafrijon dan Syafrial.

Kemudian dari kader sendiri ada sebanyak 7 kandidat yakni, Yunisra Syahiran, Erianto, Mawardi, Denika Saputra, Rusdan, Meilizar dan Heri Miheldi.

Terkait peluang di Pilkada Pasbar, Partai Gerindra sendiri memiliki 7 kursi di DPRD Pasbar dengan total 35.522 perolehan suara sah di pileg 2019 lalu dan menjadi partai pemenang di Pasaman Barat.

"Kita pasti akan berkoalisi untuk bisa mengusung calon kepala daerah, memajukan daerah ini harus bersama-sama," ungkapnya.

Ia menuturkan dalam Pilkada sebelumnya, Gerindra berkoalisi dengan Partai Demokrat dan berhasil mengantarkan Almarhum Syahiran sebagai Bupati Pasbar dan Yulianto sebagai Wakil Bupati Pasbar.

Menurut dia peluang untuk melanjutkan koalisi dengan Partai Demokrat sangat terbuka lebar namun itu belum dipastikan. Selain itu pihaknya juga membuka kemungkinan berkoalisi dengan partai lainnya.

"Kita masih membuka pendaftaran dan selanjutnya nama-nama yang masuk akan kita sampaikan ke pusat untuk ditentukan pasangan yang akan diusung partai," tuturnya.

[Irfan Pasaribu]

Penulis: Iwan R | Editor: -