"Bukittinggi-Agam Masak Sakali Banyak"

"Sederetan nama yang matang itu mulai Bupati dua periode Agam Indra Catri, Walikota Padang dua periode Mahyeldi Ansharullah, Kapolda Sumbar Irjen Pol Fakhrizal, dan Anggota DPR RI Mulyadi"
Ilustrasi/KLIKPOSITIF (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir )

PADANG, KLIKPOSITIF - Pemilihan Gubernur Sumatera Barat 2020-2025 nanti banyak calon mulai mengapung. Mereka merupakan putra terbaik Sumbar yang berasal dari berbagai latar belakang dan daerah asal berbeda.

Namun Pilgub nanti, Agam dan Bukittinggi menjadi sorotan. Sebab daerah itu memiliki banyak tokoh berpotensi maju dalam pertarungan politik sebagai calon gubernur maupun calon wakil gubernur.

Sederetan nama yang matang itu mulai Bupati dua periode Agam Indra Catri, Walikota Padang dua periode Mahyeldi Ansharullah, Kapolda Sumbar Irjen Pol Fakhrizal, dan Anggota DPR RI Mulyadi.

BACA JUGA : Ikut Pilgub Sumbar 2020?, Indra Catri: Insyaallah

Pengamat politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang Muhammad Taufik menyebutkan "Agam matang bersamaan". Maksudnya, tahun ini Kabupaten Agam memiliki banyak tokoh yang berpotensi bertarung dalam Pilgub Sumbar 2020.

"Berbeda dengan Pilgub sebelumnya, Pilgub nanti banyak buah matang bersamaan dari Bukittinggi-Agam. Agam mendominasi, berbeda dengan daerah lain hanya diwakili oleh satu atau dua orang saja," ujarnya saat dihubungi KLIKPOSITIF beberapa hari lalu di Padang.

Menurutnya, pertarungan di Pilgub Sumbar 2020 akan sangat menarik, Agam akan menjadi sorotan. Sebab setelah sekian lama, tokoh dari Agam tidak menduduki kursi gubernur Sumbar, lalu saat ini secara bersamaan muncul tokoh-tokoh dari Agam.

"Terakhir Muchlis Ibrahim orang Agam yang menjadi Gubernur Sumbar hingga masa transisi reformasi," jelasnya.

LANJUTKAN MEMBACA : Menakar Kekuatan Darek dan Rantau dalam ... Baca halaman selanjutnya