Tokoh Masyarakat Agam Bacakan Pesan Pahlawan, Begini Isinya

"Pesan perjuangan itu dibacakan oleh tokoh Masyarakat Agam, Abdi Murtani "
Upacara peringatan Hari Pahlawan di Agam (Ist)

AGAM, KLIKPOSITIF -- Tanggal 10 November merupakan salah satu momen paling bersejarah dalam merebut kemerdekaan Indonesia. Namun ada beberapa pesan perjuangan para Pahlawan Nasional yang menjadi motivasi bagi generasi sat ini.

Pesan perjuangan itu dibacakan oleh tokoh Masyarakat Agam, Abdi Murtani dengan lantang dalam upacara peringatan Hari Pahlawan tingkat Kabupaten Agam tahun 2019, di halaman kantor Bupati Agam, Minggu (10/11).

Pesan Pahlawan Nasional yang dibacakan yaitu pesan Jenderal Sudirman dengan kutipannya "tempat saya yang terbaik adalah di tengah-tengah anak buah. Saya akan meneruskan perjuangan. Met of zonder pemerintah TNI akan berjuang terus".

Pesan Pahlawan Nasional Prof. Moh. Yamin, SH yaitu "cita-cita persatuan Indonesia itu bukan omong kosong, tetapi benar-benar didukung oleh kekuatan-kekuatan yang timbul pada akar sejarah bangsa kita sendiri".

Kutipan pesan pahlawan nasional Ir. Soekarno yaitu "berikan aku 1.000 orang tua, niscaya akan ku cabut semeru dari akarnya. Dan berikan aku 10 pemuda, niscaya akan ku guncangkan dunia". "Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya".

Kemudian pesan presiden Indonesia yang pertama itu juga menyebutkan "bangsa yang tidak percaya kepada kekuatan dirinya sebagai suatu bangsa, tidak dapat berdiri sebagai suatu bangsa yang merdeka". "Perjuangan ku lebih mudah karena mengusir penjajah, tapi perjuangan mu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri".

Pesan Pahlawan Nasional Moh. Hatta dengan kutipan "pahlawan yang setia itu berkorban, bukan buat dikenal namanya, tetapi semata-mata untuk membela cita-cita". (rel)