Pilkada Pasbar, Lima Balon Eksternal Mendaftar ke PDIP

"PDIP telah membuka pendaftaran semenjak Oktober 2019 yang lalu"
Samsiwan Rangkayo Mudo (berpeci) salah seorang kandidat Balon Bupati Pasbar yang mendaftar ke PDIP (KLIKPOSITIF/Irfan Pasaribu)

PASAMAN BARAT, KLIKPOSITIF -- Sejak dibuka pendaftaran untuk bakal calon (balon) kepala daerah di Kabupaten Pasaman Barat, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di daerah itu mulai diburu calon dari eksternal partai.

"Hingga saat ini sudah ada lima orang bakal calon kepala daerah yang mendaftarkan diri ke PDIP dari eksternal," ujar Ketua DPC PDIP Pasaman Barat, Dedi Lesmana kepada KLIKPOSITIF, Senin 11 November 2019 di Kantor DPC PDIP Jambak Jalur X, Nagari Lingkuang Aua.

Ia mengatakan, pendaftaran balon bupati dan wakil bupati ini telah dibuka sejak Oktober lalu namun batas penutupan belum ditetapkan.

"Bakal calon dilayani semuanya, non kader diperlakukan sama dengan kader. Pendaftaran gratis dan terbuka untuk umum. Kami siap mewadahi calon dari luar partai," imbuhnya.

Lima nama kandidat balon yang mendaftar dari non kader yakni Syahnan, Marta Gunawan, Zainir, Syamsiwan Rangkayo Mudo dan Daliyus K. Sedangkan dari kader sendiri hingga saat ini belum ada yang mendaftar.

Terkait peluang di Pilkada Pasbar, PDIP sendiri memiliki 4 kursi di DPRD Pasbar dengan total 16.700 perolehan suara sah di pileg 2019 lalu dan menjadi partai suara nomor urut lima terbanyak di Pasaman Barat.

"Kita pasti akan berkoalisi untuk bisa mengusung calon kepala daerah Memajukan daerah ini harus bersama-sama, namun target kita kandidat bupati rekomendasi dari PDIP," ungkapnya.

Ia menuturkan dalam Pilkada sebelumnya, PDIP berkoalisi dengan Partai Golkar dan hanya berhasil mengantarkan pasangan Zulkenedi Said dan Risnawanto di urutan kedua dari tiga pasang jumlah calon kepala daerah tahun 2015 lalu.

Menurut dia peluang untuk melanjutkan koalisi dengan Partai Golkar sangat terbuka lebar namun itu belum dipastikan. Selain itu pihaknya juga membuka kemungkinan berkoalisi dengan ... Baca halaman selanjutnya