Pacu Semangat Generasi Muda, Pemko Payakumbuh Gelar Lomba Didikan Subuh

"LDS sudah masuk pada penilaian terakhir di Masjid Al-Mukarramah, Padang Tinggi Piliang, Minggu kemarin. Penilaiannya adalah yang paling giat dalam menjalankan didikan Subuh"
Penilaian terhadap kegiatan LDS yang dilakukan Pemko Payakumbuh, beberapa waktu lalu. (Ist)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Upaya untuk meningkatkan semangat generasi muda dalam memperdalam ilmu Agama Islam terus dilakukan Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh, salah satu cara yang dipilih adalah dengan menggelar Lomba Didikan Subuh (LDS) Tergiat tingkat Kota Payakumbuh.

Dalam pelaksanaan lomba tersebut, Pemko Payakumbuh melalui Bagian Kesra Setdako Payakumbuh bekerja sama dengan Kemenag. LDS digelar sebagai bentuk perhatian Pemko terhadap pendidikan dan pembinaan keislaman generasi muda.

"LDS sudah masuk pada penilaian terakhir di Masjid Al-Mukarramah, Padang Tinggi Piliang, Minggu kemarin. Penilaiannya adalah yang paling giat dalam menjalankan didikan Subuh," ujar Kabag Kesra Ul Fakhri, Senin (11/11).

Tim Penilai LDS telah melakukan penilaian terhadap lima utusan dari masing-masing kecamatan. Penilaian awal dilakukan di TPQ Nurul Mubarak Koto Panjang Padang, Kecamatan Lamposi Tigo Nagari dan pekan kedua di TPQ Nurul Ikhlas Koto Baru Payobasung, Kecamatan Payakumbuh Timur.

Selanjutnya pada pekan ketiga di TPQ Masjid Istiqamah Limbukan, Kecamatan Payakumbuh Selatan. Pekan keempat di MDA Masjid Muhsinin Tarok Kelurahan Tigo Koto Diateh, Kecamatan Payakumbuh Utara. Pekan kelima atau terakhir di TPQ Masjid Al-Mukarramah Padang Tinggi Piliang, Kecamatan Payakumbuh Barat.

"Lomba ini merupakan kegiatan yang kita lakukan secara rutin setiap tahun dimana pemenangnya akan menjadi utusan Payakumbuh ke tingkat provinsi," ucap Ul Fakhri.

Ul Fakhri berharap, LDS yang dilaksanakan tak sekedar seremonial untuk mengejar nilai yang tinggi saat tim penilai datang saja, melainkan benar-benar jadi aksi nyata dalam pembinaan generasi muda maupun syiar Islam.

"Dengan didikan Subuh kita ciptakan generasi muda Islam yang kokoh imannya dan tangguh dalam kehidupan," pungkasnya. (*)