Razia Kafe, Satpol PP Kota Solok Amankan 3 Pramusaji dan Puluhan Botol Miras

"Dari hasil operasi tim Satpol PP Kota Solok, Senin malam 11 November 2019, petugas menggerebek dua kafe yang kedapatan masih beroperasi. "
Puluhan botol miras diamankan petugas (Ist)

SOLOK, KLIKPOSITIF -- Kendati tidak mengantongi izin operasi, sejumlah kafe berkedok karaoke keluarga di kota Solok tetap nekat buka. Mirisnya, kafe-kafe tersebut menyediakan minuman keras beragam jenis.

Dari hasil operasi tim Satpol PP Kota Solok, Senin malam 11 November 2019, petugas menggerebek dua kafe yang kedapatan masih beroperasi. Puluhan botol miras beragam jenis dan gelas bekas minuman diamankan petugas.

Selain miras, petugas juga turut mengamankan tiga orang pramusaji yang diduga tengah menemani tamu. Ketiga pramusaji masing-masing EK (20) asal Alahan Panjang, FD (25) asal Pesisir Selatan, dan IP (27) asal Kota Solok.

Tanpa basa basi, barang bukti berupa miras beragam jenis tersebut bersama pramusaji langsung diangkut petugas ke Mako Satpol PP Kota Solok untuk dilakukan proses lebih lanjut.

Menurut Kadis Satpol PP dan Damkar Kota Solok, Ori Affilo, ada belasan kafe yang ada di Kota Solok yang sajauh ini tidak mengantongi izin operasional.

"Sepanjang mereka tidak memiliki izin operasional, kita akan terus melakukan razia dan penertiban jika ditemukan indikasi pelanggaran terhadap perda maksiat," sebut ORI Affilo, Selasa 12 November 2019.

Menurutnya, dari kafe yang dirazia tersebut, secara terang-terangan melanggar Peraturan Daerah (Perda) Kota Solok nomor 8 tahun 2016 tentang Penyakit Masyarakat. Dalam produk hukum daerah tersebut, dilarang menjual minuman keras.

Usaha kafe yang berkedok karaoke keluarga di kota Solok tetap menjadi fokus penertiban bagi Satpol PP kota Solok. Bahkan, petugas terus melakukan patroli rutin, namun masih saja ada yang membandel.

"Mereka seperti main kucing-kucingan dengan petugas kita, saat kita patroli mereka pura-pura tutup dan saat tidak ada petugas mereka kembali beroperasi," terang ORI Affilo.

Terhadap pramusaji kafe yang diamankan petugas langsung diberikan pembinaan dan membuat surat perjanjian untuk tidak lagi melakukan perbuatan ... Baca halaman selanjutnya