Pengamat: Mulyadi Berpotensi Geser Nasrul Abit dari Cagub Sumbar

Ilustrasi/KLIKPOSITIF
Ilustrasi/KLIKPOSITIF (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir )

PADANG, KLIKPOSITIF - Partai Politik (Parpol) telah memulai membuka pendaftaran untuk calon gubernur Sumatera Barat 2020, salah satunya Gerindra. Baru-baru ini Anggota DPR RI Mulyadi resmi mendaftar di partai berlambang burung garuda itu.

Pengamat politik dan komunikasi dari Unand Najmuddin M Rasul menilai, Mulyadi berpotensi menggeser Nasrul Abit dari bakal calon gubernur dari Gerindra pada Pilgub Sumbar 2020. 

Alasannya, pertama, keputusan pencalonan ada pada Dewan Pimpinan Pusat (DPP) ditambah lagi Gerindra merupakan partai keputusan tertinggi ada pada Ketua Umum Prabowo Subianto.

Baca Juga

"Bisa saja terjadi, bahkan bisa terjadi Nasrul Abit mendampingi Mulyadi, sebab dalam politik apapun bisa terjadi. Apalagi kalau kita lihat keputusan di Gerindra sangat top down," jelasnya saat dihubungi KLIKPOSITIF, Selasa 12 November 2019.

BACA JUGA : Mulyadi Bakal Calon Gubernur Pertama Daftar ke Gerindra Sumbar

Alasan lain, lanjutnya, sebagai anggota DPR RI Mulyadi tentu punya akses yang bagus ditingkat elit (pusat). Kemudian dari segi kapasitas diri Mulyadi juga cukup baik, dalam pemilihan legislatif (Pileg) bisa mendulang suara terbanyak dan kemudian menjadi "jualan" politsi Demokrat tersebut.

"Dari segi partai Demokrat juga cukup baik di Sumbar. Mereka punya 10 kursi, wajar jika Mulyadi mendaftar ke Gerindra yang juga partai besar bahkan bisa mengusung pada Pilgub Sumbar tanpa koalisi," katanya.

LANJUTKAN MEMBACA : Pilgub Sumbar 2020, Indra Catri Mendaftar ke Gerindra

Walaupun demikian, Nasrul Abit juga bukan kaleng-kalengan. Potensi Wakil Gubernur Sumbar sekaligus ketua DPD Gerindra Sumbar itu juga akan menjadi perhitungan DPP Gerindra. Itu artinya pada sisi lain Mulyadi juga telah siap untuk menjadi calon wakil gubernur mendampingi Nasrul Abit padi Pilgub nanti.

"Nasrul Abit juga sudah terbukti dua periode menjadi Bupati Pesisir Selatan, Wakil Gubernur, dan juga ketua DPD. Tapi, sekali lagi apapun bisa terjadi dalam politik," terang Najmuddin.

Dari perspektifnya, akan banyak tokoh yang melirik Gerindra dalam Pilgub Sumbar. Bahkan orang di luar partai akan berusaha untuk mendapatkan restu DPP Gerindra.

"Akan banyak yang bermanuver ke Gerindra menjelang pencalonan nantinya. Nasrul Abit harus hati-hati," tukasnya.

BACA JUGA : Direstui Gerindra Maju Pilgub Sumbar 2020, Nasrul Abit Cari Wakil Hingga Desember

Untuk diketahui, sebelum Mulyadi, Bupati Agam Indra Catri juga telah mendaftar ke Partai Gerindra untuk mengisi pencalonan Gubernur Sumbar 2020. (*)

Penulis: Joni Abdul Kasir