Festival Bumi, Beragam Peserta Ikuti Lomba Esai Teater

poster lomba
poster lomba (ist)

PADANG, KLIKPOSITIF -Lomba esai yang menjadi agenda Festival Bumi 2019 ditutup resmi pada tanggal 20 November 2019 lalu. Lomba esai ini menganggakat tema ‘Bumi Teater dan Peristiwa yang Mengililinginya’. 

“Meskipun gairah lomba tidak sekuat Anugrah Wisran Hadi, lomba esai ini cukup memuaskan panitia, pasalnya peserta lomba bukan hanya orang-orang yang bersinggungan langsung dengan Bumi Teater tetapi ada juga yang tidak bersinggungan langsung secara grup maupun secara bidang keilmuan, teater,” ujar Armeynd Sufhasril selaku Direktut Program Festival Bumi 2019.

baca juga: Ini Riwayat Kontak dan Perjalanan Pelaut Positif COVID-19 di Agam

Sejak ditutupnya penerimaan berkas lomba, panitia menerima 20 naskah. Pesertanya beragam, akademisi, tenaga pendidik, sastrawan, sejarawan, hingga pelajar atau mahasiswa, ikut berpartisipasi.

Menurut Direktur Festival Bumi, S Metron Masdison menjelaskan, lomba esai ini bertujuan untuk melihat bagaimana Bumi Teater dari beragam generasi. Dari yang mengenal langsung sampai yang tidak bersentuhan langsung. Maka akan muncul pembacaan yang beragam dan berbeda.

baca juga: PSBB Jilid III, Camat Payakumbuh Selatan Siap Disiplinkan Warga di 6 Kelurahan

“Kita ingin tahu, pandangan dari masing-masing generasi. Terlebih generasi hari ini dalam melihat Bumi Teater,” tuturnya.

Lebih lanjut S Metron menambahkan, bahwa ada dua nama dewan juri yang akan menilai naskah esai tersebut selain dirinya yakni, Khairul Jasmi (jurnalis) dan Dede Pramayoza (akademisi).

baca juga: Perpanjang PSBB, Pemkab Pasbar Persiapkan Hal Ini

“Kebanyakan naskah ditulis dengan serius. Ada riset serta data dan fakta yang akurat. Saya memperkirakan juri akan berdebat keras saat diskusi nanti,” ujar Khairul Jasmi.

Untuk pengumuman pemenang akan dilaksanakan pada 2 Desember 2019 usai penjurian dilakukan. Penyerahan hadiah dilangsungkan pada saat Malam Anugrah Festival Bumi pada 5 Desember 2019.

baca juga: PSBB Tahap III Diberlakukan, Pemkab Pasbar Mulai Sosialisasikan New Normal

Dewan juri akan memilih lima pemenang. Masing-masing pemenang akan mendapatkan uang sebesar Rp. 3 juta piala dan sertifikat. (*)

Penulis: Ramadhani