Daftar Pemenang Anugrah Wisran Hadi dan Lomba Esai Festival Bumi 2019

Festival Wisran Hadi
Festival Wisran Hadi (ist)

PADANG, KLIKPOSITIF -Panitia Festival Bumi 2019 menerima nama-nama pemenang Anugrah Wisran Hadi dan Lomba Esai dari dewan juri. Rapat dewan juri diadakan di Gedung Dinas Kebudayaan Sumatera Barat pada tanggal 2 November 2019.

Selama penjurian perdebatan panjang dan sengit pun terjadi. Untuk Anugrah Wisran Hadi, ada 50 buah naskah buku yang diterima juri, 25 buah dari kategori non-fiksi dan 15 buah dari kategori fiksi. Masing-masing kategori hanya akan ada 1 nama pemenang.
Maka tim juri yang terdiri dari Gus Tf, Raudha Taib dan Sudarmoko memutuskan nama pemenang masing-masing kategori sebagai berikut:

baca juga: Ini Riwayat Kontak dan Perjalanan Pelaut Positif COVID-19 di Agam

1. Kategori fiksi: Heru Joni Putra dengan judul buku “Badrul Mustafa Badrul Mustafa Badrul Mustafa”.
2. Kategori non-fiksi: Deddy Arsa dengan judul buku “Mendisiplinkan Kawula Jajahan ‘Politik Penjara Hindia Belanda Abad XIX dan XX’

Sementara untuk lomba esai, dari 20 naskah yang masuk, 4 naskah dinyatakan gagal karena tidak sesuai tema, dan 3 naskah melewati tenggat waktu penerimaan. Sehingga tersisa 13 naskah. Maka tim juri yang terdiri dari Dede Pramayoza, S Metron Masdison dan Khairul Jasmi memutuskan nama-nama pemenang 5 naskah terbaik (penomoran bukan peringkat) sebagai berikut:

baca juga: PSBB Jilid III, Camat Payakumbuh Selatan Siap Disiplinkan Warga di 6 Kelurahan

1. Esha Tegar Putra dengan judul esai “Terus Melompat dari Lirik ke Idiomatik”
2. Randi Reimena dengan judul esai “Pertanyaan untuk Sejarah, Pertanyaan untuk Wisran Hadi: Telaah Ringkas Empat Lakon Perang Paderi”
3. Nasrul Azwar dengan judul esai “Menghadapi Tantangan di Depan: Menyinergikan ‘’Napas Pendek’ Komunitas Seni”
4. Ramadhani dengan judul esai “Gerak Panggung Bumi dan Daya Visual Wisran Hadi”
5. Sudarmoko dengan judul naskah “Bumi Teater: Tentang Latar Budaya dan Ketokohan dalam Komunitas Seni”

Penyerahan hadiah akan dilangsungkan pada Malam Anugrah Festival Bumi 2019 pada tanggal 5 Desember 2019 di ballroom Hotel Bumi Minang.

baca juga: Perpanjang PSBB, Pemkab Pasbar Persiapkan Hal Ini

Penulis: Ramadhani